Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Sembalun, Produk Limited Edition yang Kini Terus Dikembangkan

Kompas.com - 04/12/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi Sembalun merupakan salah satu jenis kopi lokal asal Lombok Timur yang sedang terus dikembangkan saat ini.

Sebenarnya, produk tani kopi sudah ada di daerah Sembalun sejak lama. Bahkan, sejak zaman Belanda dan menjadi salah satu hasil tani di wilayah Nusa Tenggara Barat. Hanya saja, upaya penanaman tidak banyak begitu pula hasilnya.

Pendiri dan pemilik Loka Coffee, Hajrul Azmi menyampaikan upaya memperbanyak hasil kopi tersebut pun sudah mulai digerakkan sejak zaman order baru.

"Kalau untuk diperbanyak (hasil kopi), di daerah saya, Desa Sajang, itu mulai diperbanyak sejak zaman order baru. Namun, di sana untuk menanam jenis kopi Arabika kurang bagus sehingga hanya kopi robusta yang ditanam di sana," tutur Azmi saat kesempatan wawancaranya bersama Kompas.com pada Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Kozi Coffee, Manfaatkan Pasar Pecinta Kopi dengan Bermodalkan Passion

Setelah perjalanan yang cukup lama dengan pasang surutnya, Azmi mengungkapkan orang-orang sudah mulai banyak yang kembali bertani kopi sejak 2019. Menurutnya, nama Kopi Sembalun sendiri hadir karena memang produk kopi itu berasal dari daerah tersebut.

"Kita namakan Kopi Sembalun karena memang diambil dari daerah Sembalun. Kita tidak mengambil dari daerah lain sama sekali," ujar Azmi.

Saat ini, usaha Loka Coffee milik Azmi berkembang dengan menjual beberapa produk jenis produk kopi, yaitu grind beans, roasted beans, dan kopi bubuk. Semua produk tersebut juga terdiri dari dua macam bahan baku, yaitu kopi arabika dan robusta.

"Kalau bentuk lain belum ada, seperti yang siap minum atau bubuk mixed yang dicampur gula begitu, kita belum ada. Masih produk murni kopi tanpa campuran apa pun," jelas Azmi.

Namun, ia menyampaikan bahwa tentu saja Loka Coffee memiliki rencana untuk mengembangkan dan menjual jenis produk kopi lain. Mereka ingin membuat produk kopi sachet, tapi masih dalam proses pencarian kemasan yang tepat.

Keunggulan dan Keunikan Kopi Sembalun

Hajrul Azmi tergerak untuk mengembangkan kopi di Desa Sajak, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Azmi sebenarnya adalah seorang guru honorer. Ia pun akhirnya merintis bisnis di bidang kopi.Dok. Pribadi Hajrul Azmi tergerak untuk mengembangkan kopi di Desa Sajak, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Azmi sebenarnya adalah seorang guru honorer. Ia pun akhirnya merintis bisnis di bidang kopi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.