Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Begini 5 Cara Manfaatkan "Affiliate Marketing"Agar Untung

Kompas.com - 13/01/2023, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah tidak asing dengan apa itu affiliate marketing alias pemasaran afiliasi. Meski begitu, masih banyak orang yang tak memahami betul maksud dari istilah ini.

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan affiliate marketing adalah proses di mana pembuat konten memperoleh komisi atas promosi produk maupun jasa dari klien atau merchant.

Di sisi lain, affiliate marketing bisa memberi Anda benefit berupa prospek, klik pada situs web, uji coba gratis oleh pengguna, maupun menghasilkan unduhan pada sebuah aplikasi.

Tentunya, ketika berencana untuk menggunakan program afiliasi ini, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 5 tips yang dilansir dari Cermati.com, dalam memanfaatkan program affiliate marketing agar mampu memberi keuntungan dan hasil optimal.

1. Tentukan Ceruk Pasar yang Tepat

Affiliate Marketer atau pemasar afiliasi amat berharga bagi pebisnis karena kemampuannya dalam menjangkau khalayak atau publik khusus yang terdiri atas pelanggan atau konsumen potensial.

Oleh karena itu, ceruk pasar atau niche sangat penting untuk diperhatikan saat akan menggunakan metode affiliate marketing ini.

Bahkan, usahakan untuk sangat detail dalam menentukan ceruk pasar tersebut. Pasalnya, semakin akurat dan detail ceruk yang dipilih, peluang untuk bisa membangun platform affiliate marketing yang mampu memenuhi permintaan audiens akan menjadi semakin tinggi.

Menentukan ceruk pasar yang tepat juga mampu menghindarkan Anda dari risiko kurang terlayani atau mendapatkan dampak yang tak optimal dari affiliate marketing.

Di waktu yang bersamaan, jangan lupakan pula memilih ceruk yang memiliki pangsa pemirsa cukup besar agar hasil dari pemasaran afiliasi ini menjadi lebih maksimal dan mampu berdampak sesuai target atau keinginan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke