Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecinta Alam Kian Menjamur, Ini Tips Jalankan Bisnis Rental Alat Pendakian

Kompas.com - 06/02/2023, 14:54 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Seiring dengan munculnya kesadaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan, ada banyak komunitas pecinta alam yang bermunculan.

Masing-masing komunitas tersebut pun memiliki fokus dan tujuan tertentu guna melestarikan lingkungan sekitar. Salah satu contohnya adalah komunitas pecinta alam yang sekaligus bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi mendaki gunung.

Bahkan, tidak sedikit anggota dari komunitas pecinta alam ini memiliki agenda rutin tiap minggu untuk mendaki gunung.

Hanya saja, hobi dan kegemaran tersebut sering kali terhalang oleh mahalnya equipment atau perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas mendaki gunung.

Jika memiliki jiwa berbisnis, Anda tentu bisa memanfaatkan masalah tersebut sebagai peluang usaha yang menjanjikan, yaitu membuka rental alat pendakian.

Walaupun begitu, sebelum memutuskan untuk membuka jasa rental alat pendakian, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar mampu menjalani bisnis tersebut hingga sukses.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 5 tips menjalankan bisnis rental alat pendakian agar laris manis dan memiliki banyak peminat seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Pastikan Peralatan yang Tersedia Lengkap

Salah satu poin utama agar sukses berbisnis rental alat pendakian adalah memastikan kelengkapan equipment. Penyewa pasti akan merasa lebih senang saat segala kebutuhan dan alat yang diinginkannya tersedia di sebuah rental alat pendakian atau kemping.

Jadi, mereka tak perlu repot mencari tempat lain agar bisa meminjam alat yang dibutuhkannya.

Selain soal kenyamanan, melengkapi peralatan kamping dan pendakian yang tersedia juga mampu meningkatkan kredibilitas bisnis, sehingga minat pelanggan terhadap jasa yang Anda tawarkan pun menjadi lebih tinggi dan secara langsung meningkatkan peluang kesuksesannya.

Oleh karena itu, jangan remehkan kelengkapan peralatan pendakian yang dapat disewakan agar bisnis tersebut bisa berjalan lancar.

2. Tawarkan Waktu Sewa yang Variatif dan Fleksibel

Dalam menekuni bisnis rental atau sewa alat pendakian, Anda perlu memperhatikan betul tentang durasi atau waktu sewa, beserta tarif yang dibebankan. Terkait hal tersebut, cobalah untuk menawarkan pilihan waktu sewa variatif dengan menyesuaikan kebutuhan para pendaki secara umum.

Cara lainnya, tidak ada salahnya untuk menghadirkan pilihan waktu sewa yang bisa disesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan lama waktu yang diinginkan oleh penyewa.

Sebagai contoh, Anda tak harus memasang waktu sewa harian dengan biaya yang flat. Melainkan, hadirkan pilihan paket waktu sewa yang lebih lama dengan tarif sewa mengikuti durasi tersebut.

Dengan memberikan keleluasaan bagi pihak penyewa tersebut, minat mereka untuk menggunakan jasa dari bisnis Anda akan menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Travel untuk Pemula

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com