Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membangun Bisnis Online

Kompas.com - 20/03/2023, 12:01 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memulai bisnis online dirasa menarik dan mudah, karena fleksibilitasnya yang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu, melakukan bisnis online dapat dilakukan hampir oleh semua kalangan, mulai dari anak muda yang sedang kuliah atau pun ibu rumah tangga yang kesehariannya mengurus rumah tangga.

Namun demikian, sebelum memulai sebuah bisnis online, pastikan kamu sudah mempersiapkan segala kebutuhan dengan matang, seperti perencanaan bisnis dan biaya.

Baca juga: 10 Tips Sukses Berbisnis Online untuk Pemula

Jangan sampai nantinya kamu melakukan beberapa kesalahan karena kurangnya persiapan.

Kira-kira apa saja kesalahan yang umum terjadi saat memulai bisnis online? Berikut 5 kesalahan yang harus dihindari saat membangun bsinis online, seperti dikutip dari entrepreneur.com.

1. Tidak memiliki rencana

Kamu tidak harus memiliki business plan yang formal dan berskala besar, tetapi kamu tetap memerlukan perencanaan mengenai bisnis yang akan kamu jalani.

Kamu perlu mendeskripsikan hal-hal mendasar seperti apa bisnismu, apa yang ditawarkan, kepada siapa itu ditawarkan, berapa total biaya yang diperlukan, dan hal lain apa yang harus disiapkan untuk menunjang bisnismu.

2. Tidak memikirkan biaya

Jangan menganggap remeh masalah uang, hanya karena kamu berpikir bahwa bisnis online tidak memerlukan modal yang besar.

Pastikan kamu mendapatkan jumlah yang jelas berapa uang yang harus kamu keluarkan, kemudian berapa banyak yang harus kamu dapatkan kembali sebelum kamu akhirnya kehabisan uang.

Kamu juga perlu melakukan pencatatan keuangan, karena hal ini penting dalam perjalanan bisnismu.

Baca juga: Manfaat Pencatatan Keuangan Bisnis untuk Pelaku Usaha Mikro

3. Tidak mementingkan pelayanan terhadap pelanggan

Terkadang, banyaknya transaksi yang terjadi secara online membuat kamu kurang maksimal dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan.

Penting untuk diingat, bahwa kamu harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, mulai dari sebelum transaksi jual beli terjadi hingga setelah produk atau jasa diterima pelanggan.

4. Tidak memaksimalkan media sosial

Keberadaan media sosial sekarang ini tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk branding dan promosi bisnis milikmu. 

Kamu dapat membuat akun Instagram dan TikTok khusus untuk bisnismu, yang nantinya dapat kamu gunakan untuk menjangkau target pasar secara meluas.

5. Tidak memiliki fokus

Saat baru memulai bisnis online, fokus lah untuk membangun brandmu terlebih dulu. Jangan memikirkan hal-hal lain yang terlalu besar. Fokus untuk menjangkau target pasar secara efektif.

Setelah mendapatkan respons dan antusias yang bagus, baru lah kamu mulai memikirkan ide atau strategi untuk lebih mengembangkan bisnis milikmu.

Baca juga: Ketahui 4 Sumber Masalah yang Rentan Muncul Saat Membangun Bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com