Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jitu Optimalkan Performa Bisnis dengan Media Sosial

Kompas.com - 03/04/2023, 12:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di era digital yang maju seperti sekarang ini, media sosial menjadi salah satu platform yang efektif untuk mendukung performa bisnis.

Media sosial juga dapat memperluas jangkauan pelanggan dan membantu meningkatkan visibilitas bisnis.

Dalam hal ini, penting bagi pelaku bisnis untuk memahami bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan media sosial agar bisa mencapai tujuan bisnis yang mereka jalani.

Berikut cara mengoptimalkan performa bisnis melalui media sosial yang bisa dilakukan, seperti dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: 4 Tips Penting Hadapi Komentar Negatif Konsumen di Media Sosial

1. Melengkapi Profil Media Sosial

Saat menjalankan bisnis, salah satu hal penting dalam membangun brand awareness adalah tampilan media sosial.

Tampilan yang baik memungkinkan pelanggan terkesan dan penasaran dengan produk bisnis, meskipun tampilan hanya sebentar dilihat oleh pelanggan.

Oleh karena itu, penting untuk melengkapi profil media sosial dengan informasi yang tepat dan lengkap, seperti alamat toko, nomor telepon, dan lainnya.

2. Menentukan Media Sosial

Selanjutnya dengan menentukan media sosial mana yang akan digunakan. Tak semua media sosial cocok untuk memasarkan bisnis.

Baca juga: Tips Jualan Produk UMKM Lewat Live Streaming Media Sosial

Menentukan platform yang tepat sangat penting, berbagai platform seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan LinkedIn mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu, harus dipertimbangkan platform apa yang paling sesuai untuk bisnismu.

3. Menggunakan Call to Action (CTA)

Penggunaan media sosial tak hanya mengenai memposting konten, melainkan juga mengajak calon pelanggan untuk melakukan suatu tindakan.

Salah satu cara untuk mendatangkan tindakan tersebut dengan menggunakan CTA di setiap postingan konten. Misalnya kalau ingin calon pelanggan melihat situs e-commerce, pelaku bisnis bisa memakai kalimat ajakan seperti “klik di sini untuk informasi lebih lanjut”.

4. Memanfaatkan Iklan Berbayar

Salah satu strategi mempromosikan bisnis yang efektif mencari pelanggan adalah memanfaatkan iklan berbayar.

Baca juga: 5 Ide Gimmick untuk Pemasaran Produk UMKM di Media Sosial

Dengan memasang iklan di situs berbayar memungkinkan produk dilihat lebih banyak pelanggan. Tak ada salahnya mencoba iklan berbayar guna membangun bisnis yang lebih besar.

Misalnya memasang iklan di media sosial Instagram seperti story ads, iklan akan muncul pada fitur story dan bisa dilihat banyak orang.

5. Memantau dan Evaluasi

Ketika mengelola media sosial, jangan hanya berfokus dalam pembuatan konten. Setelah konten dan iklan berhasil tayang, pelaku bisnis sebaiknya memonitor perkembangan dan mengevaluasi secara berkala pada media sosial yang dikelola.

Untuk waktunya sendiri, monitor dan evaluasi bisa dilakukan dalam satu bulan sekali atau tiga bulan sekali.

Melalui proses tersebut, pelaku bisnis bisa menganalisis beberapa hal seperti kapan waktu terbaik untuk memposting konten produk.

Sehingga, pelaku usaha bisa memilih strategi apa yang mesti dilakukan ke depan supaya lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com