Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menarik Minat Konsumen Lewat Konten: Jadikan Produk sebagi Solusi

Kompas.com - 28/01/2023, 09:09 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumen pasti mencari produk yang dapat memberi solusi atas permasalahannya, seperti produk kesehatan, kebersihan, makanan, fashion, dan lainnya.

Produk sebagai solusi menjadi salah satu poin kebutuhan dan kriteria sebelum seorang konsumen membelinya. Untuk itu, seorang pelaku usaha atau penjual perlu memperlihatkan poin tersebut pada saat proses pemasarannya.

Gunakan dasar tujuan tersebut untuk membuat sebuah konten agar dapat menarik audience dan membuat mereka melihat solusi dari produk yang Anda tawarkan.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Membangun Bisnis

Misalnya, Anda menjual sabun tanpa bahan kimia berlebih dan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencari sabun cuci yang tidak membuat kulit alergi, maka tonjolkan kelebihan produk itu di dalam konten-konten pemasarannya.

Cari dan gali lebih banyak insights dengan memposisikan diri sebagai konsumen. Apakah konten-konten yang ada perlihatkan sudah optimal menunjukkan kelebihan produk dan brand?

Perhatikan juga apakah konten yang dibuat dapat memperlihatkan produk sebagai jawaban dari masalah-masalah target pasar Anda.

Dilansir dari Cermati.com, strategi pemasaran juga tidak selesai sampai di sana saja. Pelaku usaha juga perlu mempertimbangkan penggunaan platform pemasaran yang efektif.

Menggunakan layanan media sosial dalam memasarkan bisnis merupakan pilihan yang paling umum dilakukan.

Hal ini dikarenakan pengguna media sosial yang tinggi dan biaya pemasarannya yang kecil sehingga lebih efektif dan cocok untuk para pelaku usaha pemula.

Baca juga: 3 Ide Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar

Setelah mempertimbangkan kedua hal di atas, ciptakan visualisasi yang menarik dan dekat dengan konsumen Anda. Gunakan platform digital yang relevan dan bentuk konten yang sedang tren.

Saat ini, sudah banyak platform digital yang menyediakan fitur dan creative tools gratis untuk Anda membuat konten yang menarik, mulai dari gambar hingga video. Jadi, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih hanya untuk membuat konten atau mengeditnya, terutama bagi para pemula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com