Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertagas Ajak Kelompok Petani di Medan Budidayakan Jamur Tiram

Kompas.com - 27/01/2023, 11:22 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com – PT Pertamina Gas Operation North Sumatera Area (Pertagas ONSA) menyelenggarakan pelatihan pembuatan bag log Guna untuk budidaya jamur tiram di Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas Kota Medan, Sumatera Utara.

Pelatihan yanng diikuti oleh anggota Kelompok Tani Baiturrahman ini menghadirkan narasumber Suherman, petani jamur yang telah sukses menggeluti usaha ini selama 5 tahun.

Pada pelatihan tersebut, Suherman menjelaskan bahwa proses pembuatan bag log membutuhkan waktu 7 hari, masa inkubasi baglog 30 hari dan satu siklus penen jamur membutuhkan waktu 80 hari.

Baca juga: Pemkot Malang Bikin Aplikasi Malpro untuk Berdayakan UMKM

 

Masing-masing baglog hanya bisa digunakan untuk 4 sampai 5 kali panen. Selanjutnya baglog harus digantikan dengan baglog yang baru.

Manager Communication Relation & CSR Pertagas, Imam Rismanto menyampaikan bahwa nantinya mitra binaan mampu secara mandiri memproduksi baglog. Tentunya ini akan mengurangi biaya produksi dan berdampak kepada peningkatan pendapatan kelompok.

“Melalui pelatihan pembuatan baglog ini kami berharap kapasitas anggota kelompok akan meningkat dan mengoptimalkan penghasilan sehingga terwujud ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (26/1/2023).

dia menjelaskan, sejak tahun 2022 Pertagas ONSA telah memberikan pendampingan dan memberikan bantuan kumbung jamur dengan 8.500 baglog, harapannya ditahun 2023 dengan pelatihan ini.

Baca juga: 5 Langkah Memulai Bisnis Homestay di Daerah Wisata

Ke depan, kelompok tidak lagi bergantung dengan para pemasok penjual baglog” Imam menambahkan.

Sementara itu, Ade selaku anggota Kelompok Tani Baiturrahman menyampaikan terima kasih atas pelatihan yang diberikan.

“Kami sangat senang dengan adanya pendampingan dari Pertagas, tidak hanya memberikan fasillitas budidaya jamur, juga dibekali keterampilan dalam pembuatan baglog. Ilmu ini akan kami terapkan agar kami bisa mandiri dan tentunya bisa profit,” jelas dia.

Edukasi yang diberikan Pertagas sejalan dengan visi perusahaan tumbuh bersama masyarakat dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com