Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Menerapkan Affiliate Marketing untuk Bisnismu

Kompas.com - 17/04/2023, 19:00 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemasaran afiliator yang termasuk ke dalam digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menerapkan sistem bayar berdasarkan jumlah penjualan yang berhasil dilakukan dengan afiliasi.

Afiliator sendiri berarti seorang individu yang bertugas membuat konten dengan menyelipkan produk atau jasa yang ingin dia promosikan di dalam kontennya.

Pemasaran afiliator kini menjadi salah satu tren pemasaran yang banyak digunakan di media sosial, salah satunya TikTok.

Menggunakan pemasaran afiliator dapat memberikan manfaat tersendiri bagi bisnismu sebagai berikut sehingga cocok untuk dipilih sebagai salah satu bentuk pemasaran.

1. Minim usaha

Baca juga: Mengenal Digital Marketing, Strategi Pemasaran Kekinian bagi UMKM

Kamu tidak perlu pusing-pusing menyediakan biaya iklan yang tinggi untuk membuat desain iklan. Kemudian, mengiklankannya dengan bantuan tim khusus yang mana akan membutuhkan biaya cukup besar.

Dengan memanfaatkan pemasaran afiliator, yang bergerak untuk membuat ide konten pemasaran adalah afiliator.

Maka dari itu, kuncinya di sini adalah pastikan Kamu memilih afiliator yang benar-benar andal, sesuai dengan bisnismu, dan memiliki reputasi yang baik sehingga dapat memberikan efek positif yang maksimal.

2. Pengembalian investasi berpeluang tinggi

Return of Investment (ROI) merupakan bentuk pengembalian investasi, yang mana dalam pemasaran afiliasi dinilai cukup tinggi dibandingkan dengan strategi lainnya.

Baca juga: Ketahui 5 Strategi Digital Marketing, Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

Dengen kepercayaan yang dimiliki audiens terhadap afiliator, maka akan memberikan alasan dan dorongan lebih bagi audiens untuk membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Kamu dapat menghitung berapa biaya yang Kamu gunakan untuk melakukan pemasaran afiliasi dengan

3. Peningkatan traffic

Traffic yang Kamu dapatkan (entah itu ke situs resmi bisnismu, akun media sosial, atau marketplace online) akan lebih sesuai dengan tipe audiens yang lebih jelas dikarenakan biasanya afiliator sudah memiliki tipe-tipe audiensnya sendiri.

Oleh karena itu, lagi-lagi pemilihan afiliator berperan penting di sini. Afiliator dapat menentukan bagaimana tipe audiens yang akan banyak melihat atau bahkan menaruh kepercayaan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Begini 5 Cara Manfaatkan Affiliate MarketingAgar Untung

4. Membangun bahkan meningkatkan reputasi merek

Jika afiliator memiliki reputasi yang bagus di masyarakat atau auduens, tentunya hal ini akan berpengaruh juga terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Reputasi merek dari bisnismu dapat terus tumbuh ke arah yang lebih baik dengan dukungan dari afiliator yang terpercaya dan bereputasi baik.

Mungkin mereka akan menawarkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan afiliator-afiliator lainnya tetapi ini dapat memiliki nilai sebanding dengan dampak penjualan yang nantinya kamu rasakan.

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan Ini dalam Membangun Merek Bisnis

5. Memperluas pasar

Sekali lagi, bahwa afiliator pasti memiliki audiensnya sendiri sesuai dengan bagaimana ia membangun personal branding-nya.

Dengan menggunakan afiliator, merekmu yang mungkin tadinya hanya banyak dikenal di kalangan tertentu, berubah menjadi memiliki jangkauan pasar dengan audiens yang lebih luas, yakni audiens dari afiliasi tersebut.

Bukan tidak mungkin juga, pelanggan yang membeli melalui afiliator akan merekomendasikan produk atau jasa yang dibelinya kepada teman atau keluarganya.

Caranya dengan menunjukkan bahwa klaim yang diberikan oleh afiliator memang benar dan bukan sekedar promosi belaka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com