Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 9 Tips Membuat Konten Media Sosial untuk Berbisnis

Kompas.com - 14/04/2023, 19:03 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hampir semua orang pasti pernah membuat konten, kemudian mengunggahnya di akun media sosial yang dimiliki.

Keberadaan konten saat ini tidak hanya sekadar sebagai sarana hiburan, melainkan juga bisa menjadi sarana berbagi informasi bahkan pemasaran (marketing).

Bagi kamu pelaku bisnis yang ingin menjadikan konten sebagai salah satu media pemasaran atau promosi, tidak ada salahnya untuk segera memulai dari sekarang.

Sebelum membuat konten, perhatikan 9 langkah berikut ini sebagai tips yang perlu kamu perhatikan, agar nantinya konten yang kamu buat dapat memberikan pengaruh yang efektif bagi bisnisnmu.

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan yang Sering Tak Disadari dalam Social Media Marketing

1. Tentukan target audiens

Sebelum membuat konten, pahami dulu dengan jelas siapa audiens yang akan kamu tuju, karena ini akan berpengaruh terhadap konten yang akan kamu berikan.

Misalnya konten untuk ibu rumah tangga tentunya akan berbeda dengan konten untuk pekerja muda yang kesehariannya bekerja di kantor.

Dengan target audiens yang jelas, kontenmu dapat menyasar target dengan lebih efektif dan maksimal dibandingkan kamu membuat berbagai macam konten untuk semua orang.

Baca juga: Cara Jitu Optimalkan Performa Bisnis dengan Media Sosial

2. Tentukan tujuan

Apa tujuanmu dalam membuat konten? Sebagai pelaku bisnis mungkin kamu menginginkan kesadaran merek (brand awareness) yang tinggi dari masyarakat.

Dengan tujuan tersebut kamu dapat mengembangkannya lagi dengan lebih spesifik, misal mempunyai target 100 pesanan dalam 1 bulan setelah mengunggah konten atau memiliki engagement yang tinggi di akun media sosial dengan jumlah like 1000 di setiap postingan.

3. Pikirkan keterbatasan

Dalam membuat konten, tidak semua orang memiliki peralatan yang mendukung layaknya profesional. Pikirkan apa yang dapat kamu gunakan dalam membuat konten, sesederhana sumber daya manusia yang dibutuhkan dan gadget yang memadai.

Sebaiknya buat konten sesuai keahlian yang kamu miliki, karena ini akan membuat kontenmu memiliki kualitas yang lebih baik. Tetapi, tidak ada salahnya juga kamu mencoba jenis konten lain seiring dengan berjalannya waktu.

Baca juga: 3 Manfaat Penggunaan Konten Interaktif dalam Berbisnis

4. Utamakan kualitas

Memberikan 2 konten berkualitas yang menarik dan memiliki nilai kepada audiens akan lebih bermakna dibanding mengunggah 10 konten sekaligus dalam seminggu.

Hal ini akan mempengaruhi minat audiens untuk melihat konten yang kamu berikan.

5. Pilih platform yang dirasa paling efektif

Ada berbagai platform yang sekarang ini banyak digunakan sebagai media pemasaran, mulai dari FaceBook, Twitter, Instagra, hingga TikTok.

Untuk membangun sebuah brand, apalagi jika masih terbilang baru, kamu dapat memanfaatkan semua media sosial, tetapi dengan menaruh fokus lebih pada 1 platform khusus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com