Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips dan Trik Atasi Keluhan Pelanggan yang Kurang Puas, Catat!

Kompas.com - 04/05/2023, 19:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat menjalankan bisnis, pelayanan menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan para pebisnis. Pelayanan yang baik mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Tak hanya itu, pelayanan yang baik bisa menciptakan pelanggan yang loyal. Sebaliknya, jika pelanggan kecewa terhadap pelayanan, dampaknya bisa menjadi besar seperti nama bisnismu menjadi buruk.

Oleh karena itu, sebagai pemilik suatu bisnis mesti memberikan kualitas pelayanan yang membuat bisnis maju dan berkembang. Agar tidak salah langkah, berikut tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan seperti dirangkum dari sejumlah sumber.

Baca juga: Begini Tips Memberikan Pelayanan Pelanggan Terbaik secara Online

1. Pelayanan yang cepat dan tanggap

Tips pertama adalah memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap. Biasanya pelanggan memiliki keinginan untuk dilayani secara cepat dan tanggap.

Maksud dari tanggap adalah apa yang dilakukan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Sehingga tidak hanya cepat saja, melainkan sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan. Apabila pelanggan banyak yang berdatangan solusinya bisa dengan memberikan nomor antrian.

2. Mempunyai call center

Selanjutnya pastikan ada yang bertugas untuk mengangkat telepon layanan call center karena biasanya pelanggan yang menghubungi call center mempunyai urusan yang lebih penting.

Apabila tidak mempunyai urusan penting, umumnya mereka menggunakan layanan jasa media sosial ataupun mengirimi email.

3. Mendengarkan keluhan para pelanggan

Mendengarkan bukanlah persoalan yang cukup mudah, tetapi untuk meningkatkan pelayanan bisnis hal tersebut harus dilakukan.

Sebagian pelanggan yang banyak bicara mereka hanya ingin didengarkan.

Baca juga: Rahasia Bikin Pelanggan Tertarik dengan Merekmu, Bisa Dicoba!

Oleh karena itu, dengarkan pelanggan dengan penuh perhatian supaya mereka merasa dihargai dan setelah mereka selesai menyampaikan keluhan berikan jawaban yang baik dan solusi yang sesuai dengan keluhan mereka.

4. Mencari solusi yang tepat

Selanjutnya yang tidak kalah penting mencari dan menemukan solusi yang tepat. Pelanggan yang komplain tentu memiliki keinginan suatu hal yang menyelesaikan masalah.

Komplain yang disampaikan oleh pelanggan biasanya karena merasa tidak puas atau ada yang merugikan. Sehingga Kamu harus bisa memberikan solusi yang tepat terhadap pelanggan agar tidak ada yang dirugikan dari kedua belah pihak.

5. Meminta feedback dari pelanggan

Feedback mempunyai peran yang sangat penting untuk kelanjutan suatu bisnis. Dengan adanya feedback yang diberikan oleh pelanggan, Kamu bisa mengetahui sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada mereka.

Baca juga: Cara Menghadapi Pelanggan yang Cuma Lihat-Lihat agar Tertarik Beli

Mintalah pelanggan memberikan feedback atas pelayanan yang sudah diberikan.

6. Melatih pekerja

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah memastikan pekerja sudah terlatih sebelum memulai bekerja supaya mereka mengetahui apa yang mesti dilakukan.

Apabila diperlukan, Kamu juga bisa membuat pelatihan secara teratur tiga atau enam bulan sekali supaya mereka lebih memahami apa yang mesti dilakukan.

Bagi pekerja yang baru ada baiknya melakukan pelatihan minimal satu bulan agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com