Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tips Memberikan Pelayanan Pelanggan Terbaik secara Online

Kompas.com - 03/04/2023, 13:16 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelayanan terhadap pelanggan sekarang ini tidak hanya dilakukan secara langsung ketika mereka datang ke toko, melainkan juga dilakukan ketika berkomunikasi secara online.

Sebagai pelaku bisnis, penting bagi Kamu untuk memperhatikan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan pasti akan mempengaruhi penjualan produk atau jasa dalam bisnis milikmu.

Berikut ini tips dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, utamanya saat berkomunikasi secara online:

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membangun Bisnis Online

1. Tentukan media komunikasi terbaik

Ada begitu banyak aplikasi yang dapat menunjang komunikasi antara pelaku bisnis dengan pelanggannya. Kamu dapat menentukan aplikasi mana yang dirasa paling efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Sebagai contoh, saat ini banyak orang yang aktif menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Kemudahan penggunaan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya dan adanya jenis WhatsApp Business membuat beberapa pelaku bisnis memanfaatkan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan pelanggannya.

Kamu dapat menyediakan satu akun WhatsApp yang dapat dihubungi oleh pelanggan ketika mereka membutuhkan sesuatu. Pastikan juga Kamu memberikan respon yang baik dan cepat sehingga pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, meskipun hanya melalui perantara gadget.

Baca juga: 10 Tips Sukses Berbisnis Online untuk Pemula

2. Bimbing karyawan

Jika kamu memiliki karyawan yang membantumu dalam menjalankan bisnis, penting untuk memberikan bimbingan kepada mereka mengenai bagaimana memberikan layanan kepada pelanggan dengan sebaik mungkin.

Pastikan mereka memahami betul produk atau jasa yang ditawarkan sehingga ketika pelanggan menanyakan informasi terkait hal tersebut, mereka dapat menjawabnya dengan jelas dan tidak membuat pelanggan merasa kebingungan.

Karyawan juga turut bertanggung jawab atas reputasi bisnis yang kamu miliki, terutama ketika berhubungan dengan pelanggan.

3. Sediakan sarana informasi

Manusia tidak dapat bekerja terus menerus 24 jam non-stop, atau tanpa istirahat. Oleh karena itu, ada yang dinamakan jam kerja atau jam operasional.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kepuasan Pelanggan? Simak Cara Berikut Ini

Ketika ada pelanggan yang ingin menanyakan sesuatu tetapi Kamu sudah tidak dalam jam bekerja, maka solusi yang dapat ditawarkan kepada pelanggan adalah dengan menyediakan sarana informasi bagi mereka.

Dengan memanfaatkan penggunaan web atau sosial media, pelanggan tetap dapat memperoleh jawaban atas pertanyaan yang diberikan tanpa harus menunggu jam kerja dimulai.

Kamu dapat menyediakan informasi-informasi umum seputar produk atau jasa berdasarkan apa yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis sepatu. Maka Kamu dapat menyediakan informasi umum seperti size chart sepatu, bahan yang digunakan, foto detail produk ketika digunakan, pengiriman dilakukan dari kota mana, dan sebagainya.

Baca juga: Ingin Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan? Simak Langkah Berikut Ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com