Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Menjangkau Pelanggan Secara Efektif ala Pemilik Brand Biyantie

Kompas.com - 01/05/2023, 09:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelanggan merupakan salah satu hal terpenting dalam berbisnis. Bahkan bisa dibilang, pelanggan memiliki keterlibatan yang dapat memengaruhi berjalan atau tidaknya suatu bisnis.

Memiliki pelanggan dalam jumlah banyak atau memiliki daftar pelanggan yang loyal pasti menjadi mimpi indah bagi para pelaku bisnis.

Pemilik Brand Biyantie, produsen tas kulit asal Indonesia, Setiawan Ananto, menjelaskan kepada Kompas.com, strategi yang dilakukannya dalam menjangkau pelanggan demi berjalannya bisnis tas yang ia tekuni.

Baca juga: Cara Menarik Perhatian Banyak Pelanggan Lewat Instagram, Jangan Salah!

1. Fokus dengan tujuan

Dalam memulai bisnis, pasti kamu memiliki tujuan yang telah ditetapkan, serta bagaimana cara-cara yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Sama halnya dengan Setiawan, ia sejak awal memilih untuk fokus pada media online, di mana ia melihat hal tersebut sebagai peluang karena masih minimnya pemasaran yang dilakukan secara online pada saat ia merintis bisnis di tahun 2013 lalu.

“Kita fokus di Facebook ya awal-awal itu, kemudian mulai populer Instagram dan sekarang ada marketplace online. Jadi budget yang mungkin bisa digunakan untuk berjualan secara offline, itu kita alihkan untuk beriklan secara digital, termasuk media sosial,” ucapnya.

2. Ikuti perkembangan teknologi

Jangan mau ketinggalan zaman, juga menjadi salah satu strategi yang diterapkan oleh Setiawan, terlebih lagi dari awal memang sudah memiliki fokus untuk berjualan secara online.

Awalnya yang hanya menggunakan Facebook dan WhatsApp, Setiawan terus mengembangkan bisnisnya dengan turut ‘memakan’ perkembangan media online, seperti TikTok dan Instagram yang sedang ramai belakangan ini.

Baca juga: Rahasia Bikin Pelanggan Tertarik dengan Merekmu, Bisa Dicoba!

Dengan mengikuti teknologi, akan semakin besar kesempatan bagimu untuk memperkenalkan bisnis kepada pelanggan dalam jangkauan pasar yang lebih luas.

3. Jangan lupakan pelanggan awal

Jika kamu sebelumnya sudah pernah berbisnis dan memulai kembali bisnis baru, kamu dapat memanfaatkan data-data pelanggan yang sebelumnya sudah didapatkan.

Kamu dapat menghubungi kembali pelangganmu dari awal untuk memberi informasi kepada mereka, bahwa kamu memiliki produk lain yang ditawarkan sekarang ini.

“Nah di bisnis yang sebelumnya itu kan kita sudah punya pelanggan, ada data-datanya, itu kita coba hubungi lagi melalui WhatsApp,” ucapnya.

Baca juga: Begini Tips Memberikan Pelayanan Pelanggan Terbaik secara Online

4. Sabar dan konsisten

Semua hal pasti membutuhkan yang namanya proses, oleh karena itu sabar dan konsisten juga perlu diterapkan saat menjalankan bisnis.

Hal ini juga dilakukan oleh Setiawan, terutama pada saat awal ia merintis bisnis dan menggunakan media Facebook untuk membangun bisnis miliknya.

“Gimana meyakinkan pelanggan kalau kita ini beneran produsen ya. Kita kasih lihat foto barang, proses produksi, juga keunggulan produknya. Kalau kita kan di kulit, jadi ya tunjukkan hal itu gitu,” ujarnya.

Sebagai tambahan, setelah mulai terlihat pelanggan yang terjangkau, coba untuk berikan inovasi dan cari tahu apa yang dibutuhkan atau disukai oleh pelanggan, sehingga kamu juga dapat mendorong proses produksi barang sekaligus meningkatkan jumlah penjualan.

Baca juga: 5 Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan dalam Berbisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com