Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menarik Perhatian Banyak Pelanggan Lewat Instagram, Jangan Salah!

Kompas.com - 27/04/2023, 14:40 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.comInstagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan juga sebagai salah satu media untuk berjualan, termasuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kehadiran Instagram dapat membantu penjualan produk sehingga lebih dikenal banyak orang dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Berikut ini tips yang dikutip melalui beberapa sumber mengenai cara agar dapat menarik lebih banyak pelanggan lewat Instagram.

Baca juga: 6 Tips Menambah Followers di Instagram agar Bisnis Terkenal

1. Buat feeds yang menarik

Konten utama yang menjadi ciri khas Instagram adalah foto dan video. Dengan dua bentuk konten ini, Kamu harus memperhatikan susunannya agar dapat terlihat menarik di mata pelanggan.

Kamu dapat menggunakan color palette yang sesuai antara brand-mu dengan konten yang akan diupload. Ini akan menonjolkan brandmu dan menjadi identitas khusus dengan tanpa disadari.

Tak hanya tampilannya yang menarik mata, pastikan isi konten juga informatif dan jelas bagi pelanggan yang akan membeli produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: 8 Ide Konten Interaktif di Instagram yang Bisa Membuat Bisnismu Cuan

2. Tulis caption dengan jelas

Penambahan caption dapat kamu manfaatkan sebagai tempat untuk menuliskan detail produk yang diunggah dalam konten terkait.

Kamu juga dapat menuliskan caption yang bersifat mengajak pelanggan sehingga mereka terdorong untuk melakukan interaksi bahkan membeli produkmu.

Sebagai contoh kamu mengunggah 2 foto sepatu dalam 1 konten sekaligus. Nah, kamu dapat menuliskan detail produk dalam caption dan diakhiri dengan kalimat yang mengundang pelanggan untuk memberikan komentar, seperti “Kalau kamu, lebih suka model yang mana nih? Sneakers atau Flatshoes, girls? Tulis di kolom komentar ya!”

Baca juga: Cara Jitu Optimalkan Performa Bisnis dengan Media Sosial

3. Masukkan testimoni pelanggan

Sebelum membeli suatu produk, tak jarang pelanggan akan berusaha mencari testimoni dari pelanggan lainnya yang telah melakukan transaksi.

Pelanggan cenderung akan lebih percaya dan merasa aman jika melihat testimoni yang bagus. Oleh karena itu, cobalah masukkan testimoni ke dalam kontenmu.

Kamu dapat memanfaatkan fitur highlights untuk membuat konten khusus yang berisikan testimoni dari para pelanggan.

Baca juga: Rahasia Bikin Pelanggan Tertarik dengan Merekmu, Bisa Dicoba!

4. Buat cerita yang relate dengan pelanggan

Selain meningkatkan engagement, konten dengan isi cerita yang relate dengan pelanggan dapat memberikan rasa kedekatan personal antara pelanggan dengan brand milikmu, yang mana ini dapat menjadi dorongan bagi pelanggan untuk mencari tahu lebih tentang produkmu dan berujung membelinya.

Sebagai contoh jika produkmu adalah sepatu dengan target pasar anak muda seperti mahasiswa, maka kamu dapat membuat konten seperti keseharian mahasiswa di kampus.

Tunjukkan kelebihan produkmu melalui konten yang dibuat, seperti nyaman digunakan, bahan ringan, dan sebagainya.

Baca juga: 8 Tips Foto Produk Terlihat Lebih Menarik di Media Sosial

5. Manfaatkan hashtag

Penggunaan hashtag dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi brandmu. Pelanggan dapat mencari produkmu dengan mengetikkan hashtag di kolom pencarian.

Melalui hashtag ini, produkmu juga dapat ditemukan dengan lebih mudah oleh para pelanggan.

Jangan lupa untuk gunakan hashtag yang sesuai dengan brand dan kontenmu. Kamu juga dapat membuat hashtag sendiri dengan menambahkan username Instagram brand-mu atau nama brand-mu langsung.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com