Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Merintis Menjadi "Dropshipper"? Ini Tips Mudahnya

Kompas.com - 24/05/2023, 15:25 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber daya

KOMPAS.com - Tidak memiliki modal dan pengalaman ternyata tidak menjadi hambatan bagi seseorang yang ingin merintis usaha. Salah satunya adalah menjadi dropshipper, sebuah profesi yang tidak menuntut modal dan pengalaman bisnis.

Tak hanya itu, dropshipper cocok untuk pemula karena memiliki risiko yang minim dan operasional yang mudah.

Dropshipper sendiri memiliki arti sebagai orang yang menjualkan produk dari penjual lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukannya, berikut ini cara mudah menjadi dropshipper yang bisa dilakukan agar tidak salah langkah:

Baca juga: 5 Langkah Sukses Merintis Bisnis Dropship Untuk Anak Muda

1. Memulai dari apa yang disukai

Tips pertama memulai dari apa yang disukai karena melakukan bisnis dari yang kamu sukai terasa lebih menyenangkan saat dilakukan.

Kamu bisa membuat daftar apa saja yang disukai seperti memasak, travelling, fotografi, dan lainnya. Kemudian, kamu membuat daftar peluang bisnis yang bisa dipilih seperti menjual perlengkapan traveling, perlengkapan fotografi, maupun peralatan memasak.

2. Mencari tahu apa yang disukai oleh banyak orang

Selanjutnya setelah membuat daftar apa yang kamu sukai, Pilihlah hal-hal apa saja yang disukai dan diperlukan oleh banyak orang.

Walaupun bisnis yang menyenangkan adalah hal yang kamu sukai, tetapi Ingatlah bahwa tidak hanya kamu yang membeli produk tersebut.

Sehingga kamu harus mencari banyak pelanggan supaya bisa mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Dropship yang Bisa Hasilkan Banyak Cuan

3. Melakukan riset pasar sederhana

Untuk mengetahui apa yang disukai dan diperlukan oleh banyak orang, kamu bisa melakukan riset pasar secara sederhana.

Misalnya seperti mencari peluang bisnis yang banyak diminati di Google, mengamati lingkungan sekitar dan trend di media sosial yang sedang berkembang yang dapat dijadikan peluang bisnis.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menanyakan ke beberapa anggota keluarga atau sahabat tentang apa yang mereka butuhkan dan alasannya.

4. Mencari distributor terpercaya

Apabila kamu memiliki toko langganan, kamu bisa bertanya kepada penjual tentang peluang menjadi dropshipper dari tokonya.

Hal tersebut bisa memudahkanmu untuk mengetahui kualitas produk karena telah membeli dan menggunakannya sendiri.

Baca juga: Cara dan Panduan Memulai Bisnis Dropship

Sehingga, kamu juga bisa melakukan pencarian di Google tentang distributor yang menyediakan dropshipper.

Selain itu, kamu juga harus mempelajari produk dan mekanisme dropshipper yang digunakan toko tersebut. Pilihlah tokoh yang memudahkanmu dan memiliki potensi keuntungan yang lebih baik.

5. Memulai berjualan

Setelah kamu mengetahui produk apa yang ingin dijual dan dari toko mana kamu memproleh produknya. Selanjutnya mulailah untuk berjualan dan jangan ragu melakukannya.

Kamu bisa memulainya dari media sosial yang kamu miliki seperti berjualan di Instagram, TikTok, Facebook dan lainnya.

Demikian beberapa cara menjadi dropshipper, semoga membantumu. Selain itu, untuk menunjang keberhasilan kamu bisa meningkatkan kemampuan dengan mengikuti seminar bisnis maupun membaca tips bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber daya
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com