Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbang ke China, Walikota Malang Kenalkan Produk UMKM ke Luar Negeri

Kompas.com - 12/06/2023, 08:51 WIB
Nugraha Perdana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Wali Kota Malang, Sutiaji melakukan kunjungan ke China. Orang nomor satu di Kota Malang itu memperkenalkan produk-produk UMKM lokal ke negara tersebut.

Kunjungan Sutiaji tersebut atas undangan Kedutaan Besar RI di China untuk hadir dalam event Indonesia Fair yang diadakan di Beijing pada Sabtu (10/6/2023).

Sutiaji menjelaskan, beberapa produk UMKM lokal unggulan Kota Malang yang dikenalkan antara lain Kalung Aksesories dari Eva Unique Accesories, Kipas dan notebook dari D'Sil Handmade, Daster Malangan dari Red Tulip, Marsalia Embrodiery dan Heny Dasterqu serta Batik Malangan dari Soendari Batik.

Baca juga: Bisnis Kafe Meredup? Simak 5 Cara Unik Mendongkrak Penjualannya

Dia berharap, kedatangannya ke Tiongkok dapat membuka pintu perdagangan bagi UMKM asal Kota Malang ke luar negeri, serta menjadi promosi wisata agar banyak wisatawan dari China yang berkunjung ke kota ini.

"Artinya ini jadi awalan, kita promosikan, kita kenalkan agar produk Indonesia khususnya Kota Malang bisa diapresiasi di sana," kata Sutiaji pekan lalu.

Produk UMKM dari Kota Malang yang dibawa tersebut telah dikurasi oleh dinas terkait. Sutiaji juga berharap promosi wisata yang dilakukan membuat Kota Malang bisa menjadi pilihan wisatawan asing.

"Harapan saya nanti Kota Malang ini semakin dikenal, goal-nya adalah bagaimana nanti Kota Malang juga menjadi destinasi pilihan bagi wisatawan asing dan Insya Allah apa yang kami paparkan jadi khasanah pengetahuan terkait budaya di Kota Malang," katanya.

Kehadiran produk-produk UMKM asal Malang juga menarik minat masyarakat Tiongkok yang berkunjung. Selain itu, juga menarik perhatian duta besar seluruh dunia untuk Tiongkok yang hadir sebagai tamu undangan. Ada lebih dari 6.000 pengunjung dalam kegiatan itu.

Baca juga: Rahasia Sepatu Lokal Bandung Geoff Maxx Bisa Fokus Inovasi

"Berbagai produk-produk UMKM yang kami bawa sangat mewarnai pameran kali ini, banyak duta besar dari seluruh dunia yang mampir ke booth Kota Malang dan menunjukkan ketertarikannya," katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji mengatakan, produk diminati oleh pengunjung yakni daster. Terutama dari ibu-ibu istri duta besar yang hadir.

"Terutama daster malang dan berbagai aksesoris yang kami bawa" katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com