Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perum Peruri Bawa UMKM Binaan ke China–Asean Expo 2023

Kompas.com - 26/09/2023, 08:43 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - UMKM binaan Perum Peruri unjuk gigi di China–Asean Expo (CAexpo) 2023 Nanning–Guangxi, China pada 16-19 September 2023.

Pada acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perdagangan tersebut, Peruri mengirimkan produk-produk UMKM yang dikembangkan oleh Rumah BUMN Karawang yang mencakup kategori aksesoris, bamboo craft, dan fashion.

Rumah BUMN Karawang merupakan tempat kolaborasi bagi BUMN untuk berbagai kegiatan, belajar, dan membina para pelaku UMKM agar menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas.

Baca juga: Jeli Melihat Peluang, Evi Sukses Membangun Usaha Kuliner Damelecho

 

Selain itu, Rumah BUMN Karawang juga berfungsi sebagai pusat informasi, edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM.

Di sisi lain, Peruri memiliki program khusus yang sejalan dengan pengembangan UMKM di Indonesia melalui Peruri Digital Entrepreneur Academy yang ditujukan bagi UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnisnya dengan cara mengoptimalisasikan penggunaan teknologi digital.

Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri Ratih Sukma Pratiwi menjelaskan pihaknya akan terus meningkatkan partisipasi para UMKM binaan untuk bisa mengikuti pameran yang diselenggarakan baik dalam maupun luar negeri.

"Sehingga, produk-produk lokal bisa mendapatkan tempat di pasar global serta ada multiplier effect terhadap perekonomian nasional. Kami memandang bahwa yang terpenting adalah tindak lanjut setelah pameran ini, adanya kerja sama-kerja sama hingga UMKM Go Global,” kata Ratih dalam keterangan resmi, Senin (25/9/2023).

Baca juga: Putuskan Resign Kerja, Rizka Chika Sukses Berbisnis Sepatu

UMKM Peruri yang menjajakan produk aksesoris, fashion hingga bamboo craft menyita banyak mendapatkan atensi dari pengunjung. Ini membuktikan bahwa negara Tiongkok merupakan pasar produk UMKM Indonesia yang sangat potensial.

“Saya sangat senang dilibatkan dalam pameran CAexpo 2023. Suatu pengalaman yang sangat berharga dapat mengetahui selera pasar masyarakat di sini mulai dari fesyen, craft dan aksesories. Karena kan setiap negara punya ciri khas tersendiri,” ucap Lusy salah satu pelaku usaha UMKM Binaan Peruri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com