Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami 6 Keuntungan Jadi Dropshipper, Bisnis yang Pas untuk Pelajar dan Mahasiswa

Kompas.com - 21/02/2024, 09:49 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal mula seseorang memulai usaha kerap menghadapi kebingungan. Kebanyakan, mereka khawatir tidak punya modal yang cukup. Padahal ada banyak bisnis yang dapat dicoba bagi pemula tanpa modal yang besar.

Bisnis tanpa modal besar bisa dijalankan oleh mereka yang masih berstatus pelajar maupun mahasiswa. Sedini mungkin usianya, semakin baik jika sudah memulai menjalankan suatu usaha. Mereka akan mendapatkan skill entrepreneur di usia muda.

Salah satu contohnya adalah bisnis dropshipper, yang tentu berbeda dengan reseller.

Baca juga: Ingin Merintis Menjadi Dropshipper? Ini Tips Mudahnya

Dropshipper adalah orang yang menjual produk ke pelanggan dari supplier. Jadi, seorang dropshipper hanya mendapatkan barang dari supplier kemudian dijual kepada konsumen, sesuai permintaan konsumen.

Dengan kegiatan memperjualbelikan kembali suatu produk atas permintaan konsumen, tentu akan memberikan keuntungan bagi seorang dropshipper. Inilah 6 keuntungan menjadi dropshipper, sebagaimana disadur dari berbagai sumber:

1. Target Mudah diraih

Tak perlu pusing untuk memikirkan pasar atau target yang cocok untuk memperjualbelikan barang, kamu bisa memperjualbelikannya kepada orang-orang terdekat, misal, tetangga, teman di sekolah atau kampus, atau bahkan kepada kerabat dan keluarga terdekat.

Seorang pelajar tentu mempunyai banyak teman, dari situlah kamu dapat mencoba untuk menawarkan produk yang akan kamu jual, atau meriset produk-produk yang sedang mereka gemari.

2. Modal Kecil untung Besar

Salah satu keuntungan utama menjadi dropshipper adalah Kamu tidak perlu mempunyai atau mengeluarkan modal besar untuk memulainya. Kamu juga tidak perlu untuk menyimpan stok barang atau mengeluarkan modal untuk pembelian barang secara besar-besaran.

Barang yang dibeli telah disesuaikan dengan permintaan konsumen, bahkan kamu bisa membelinya setelah konsumen membayarkan pesanan yang telah di-order. Jadi, kamu bisa dapat untung di muka. Ini memungkinkan seorang pelajar untuk memulai bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

3. Biaya promosi Rp 0

Promosi dari mulut ke mulut juga masih efektif di jaman digitalisasi ini. Maka, Kamu dapat dapat meminta promosi gratis dari teman-teman sekolah atau dari keluarga untuk menawarkan barang yang akan kamu jual.

Lalu, mengapa dikatakan biaya promosi Rp 0? Promosi yang dilakukan dari orang terdekat, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya. Karena hal ini, Kamu akan mendapatkan laba yang maksimal.

4. Fleksibilitas Waktu

Sebagai pelajar, tentu saja waktu merupakan hal sangat berharga. Kamu membutuhkan waktu untuk belajar. Keuntungan menjadi dropshipper adalah kamu dapat mengatur waktu kerja sesuai dengan jadwal belajar atau aktivitas lainnya.

Bahkan kamu dapat mendistribusikannya saat jam-jam istirahat, kalau pembelinya adalah teman sekolah sendiri.

Selain itu, Kamu dapat bekerja saat waktu luang atau bahkan dari rumah, karena barang dapat diantar menggunakan jasa kirim yang akan mengambil paket kamu di rumah

5. Pengalaman berbisnis

Menjadi dropshipper juga memberikan kesempatan untuk belajar keterampilan bisnis yang berharga. Kamu akan belajar tentang manajemen usaha, strategi pemasaran online, dan keterampilan lainnya yang akan sangat berguna di masa depan, baik dalam dunia bisnis maupun karier Anda.

Selain belajar teorinya, menjadi dropshipper memberikan pengalaman praktis yang berharga dalam mengelola bisnis. Kamu akan belajar tentang interaksi dengan pelanggan, penanganan pesanan, dan berbagai aspek operasional lainnya yang akan memperkaya pengalaman dalam dunia bisnis.

6. Menambah uang jajan

Sebagai pelajar, kamu mungkin butuh dengan uang tambahan. Dengan menjadi dropshipper, kamu akan memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang dapat terbilang signifikan.

Semakin banyak produk yang dijual, semakin besar juga potensi pendapatan Kamu. Ini bisa menjadi sumber pendapatan yang efektif untuk memenuhi kebutuhan atau untuk sekedar menabung

Baca juga: 7 Langkah Sukses Menjadi Seorang Dropshipper

Setelah melihat beberapa keuntungan di atas, apakah Anda kini tertarik menjadi dropshipper? Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com