Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitra Bukalapak Edukasi Produk Virtual untuk Tingkatkan Pendapatan Warung

Kompas.com - 04/03/2024, 20:58 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sukses menjangkau 12 kota di Indonesia sepanjang tahun 2023 lalu, Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) Bukalapak kembali menggelar acara edukatif bagi pemilik warung melalui kegiatan Spesial Kumpul Juwara (SKJ) di Kota Malang (21/02) dan Kabupaten Sidoarjo (24/2/2024).

Edukasi tentang produk virtual yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan secara signifikan diberikan kepada ratusan pemilik warung, agen individual, dan anggota Komunitas Juwara tersebut.

Adapun salah satu topik utamanya adalah bagaimana mentransformasi warung menjadi sentra Payment Point Online Banking (PPOB), yaitu untuk para pelanggan melakukan pembayaran, seperti tagihan listrik, asuransi kesehatan, telepon, dan TV berbayar secara praktis dan efisien

Baca juga: Menilik Potensi Bisnis Jasa Produk Virtual

SKJ Malang dan Sidoarjo ini memperkenalkan lebih dari 42 jenis produk virtual oleh para Mitra Bukalapak ke para pelanggannya. Acara ini juga terdiri dari sesi Juwara Bercerita, yaitu sharing cerita inspiratif pengembangan warung setelah melakukan ekspansi ke produk virtual dari para mitra Bukalapak yang berpengalaman. 

Hasnowo Wicaksono, akrab disapa Bang Jack, merupakan salah satu anggota Komunitas Juwara asal Sidoarjo yang berhasil mentransformasi toko perkakas dapur dan rumah tangga menjadi warung digital. Pendapatan warung Bang Jack meningkat hingga 10x lipat hanya dengan berjualan produk virtual.

"Tahun 2018 saya memberanikan diri menjual produk virtual, seperti pulsa, token, dan layanan kirim uang. Ternyata banyak dinantikan dan digemari banyak pelanggan. Sekarang warung saya sudah seperti toko modern dan transaskinya pasti tercatat sistem, bisa cetak struk langsung juga," jelas Bang Jack.

Hasnowo juga muncul sebagai agen inklusi keuangan. Selain memfasilitasi kebutuhan pelanggan, ia juga menginisiasi program mandiri untuk membantu pelanggan mengelola keuangan dan lebih melek digital.

Hal Itu tidak lepas dari kepintaran Hasnowo dalam pemasangan banner, strategi cross-seliing, dan program loyalitas untuk menarik pelanggan, yang telah didapatkan Hasnowo dari berbagai kegiatan edukasi Komunitas Juwara.

Baca juga: Bukalapak Dorong Pertumbuhan Usaha lewat Program Pelatihan Gratis

Selain Bang Jack, ada Liya Wahyuningsih, yang juga membagikan cerita Inspiratifnya pada sesi ini. Liya mengaku awalnya Ia sempat berjualan pulsa dan token listrik secara manual, namun sejak mengenal Mitra Bukalapak, layanan yang Ia tawarkan semakin lengkap.

"Tujuan saya membuka usaha ya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sampai sekarang tujuan Itu terlampaui, pendapatan saya meningkat 10x lipat. Sebagian besar pendapatan warung saya memang dari produk virtual," jelas Liya.

Liya juga mengajak suaminya untuk membuka akun Mitra Bukalapaknya sendiri dan Ikut menjual produk virtual di tempat kerja suaminya tersebut.

Dalam acara SKJ Ini, Mitra Bukalapak juga sekaligus meresimkan kerja samanya dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya. Melalui kemitraan ini, warung Mitra Bukalapak di wilayah Sidoarjo dan Surabaya akan menjadi agen pembayaran resmi PDAM dan juga akan membuka peluang baru bagi warung untuk meningkatkan pendapatan melalui layanan pembayaran ini.

“Kami yakin produk virtual dalam warung akan membawa keuntungan besar. Maka, kami siap berkolaborasi dengan PDAM untuk mendukung pertumbuhan warung secara berkelanjutan di seluruh Indonesia, membantu mereka beradaptasi dengan era digital, serta meningkatkan kualitas layanan mereka kepada pelanggan. Kami senantiasa mendorong warung untuk menjadi lebih modern dan serba bisa,” tutup Gitaditya Witono, selaku AVP Mitra Marketing & Partnership.

Baca juga: Cerita Wayan Merintis Bisnis Virtual Reality, Ingin Buat Edukasi Sejarah Lebih Menarik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com