Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reseller Merchandise Kaos Band Masih Dibutuhkan Distributor

Kompas.com - 07/03/2024, 10:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com
- Keberadaan reseller masih dibutuhkan distributor di tengah kemudahan berbisnis merchandise kaos band di era digital. Reseller dinilai membantu para distributor merchandise dari segi penjualan produk.

Ekrig, Co-Founder Distributor Merchandise Musik, Pure Evil mengatakan, pilihan menjadi reseller merchandise kaos band cocok untuk dicoba. Bagi distributor merchandise, proses penjualan produk juga bisa lebih cepat.

"Buat gue pun juga akan lebih menguntungkan karena barang gue jadi lebih cepat keluar walaupun margin gue berkurang, ya gapapa," kata Ekrig kepada Kompas.com setelah Diskusi Bising Kota Jabodetabek bertema "Merchandise Jadi Penyelamat Ekonomi Musisi" di Jakarta, Senin lalu.

Baca juga: 4 Peran Penting Reseller dalam Pengembangan UMKM

Ekrig menyebutkan, reseller perlu meningkatkan kualitas bisnisnya untuk terus bisa berbisnis merchandise. Salah satunya, dengan memiliki business plan yang jelas.

"Sekarang juga lagi banyak reseller. Yang jarang gue lihat itu plan-nya. Ada beberapa toko yang promosi terus-terusan, karena memang pedagang. ada yang posting sekali, habis itu hilang. Ada business plan, marketing plan, reseller masih cocok dan dibutuhkan," kata Ekrig.

Head of Musica Merch, Arie Haryanto pun pengakui pentingnya reseller dalam bisnis merchandise kaos band. Arie mengatakan, reseller sangat membantu secara bisnis termasuk yang dijalankan oleh Musica Merch.

"Reseller jadi perpanjangan tangan kami. Jadi beberapa titik daerah buat kami yang enggak bisa rangkul, lalu kebiasaan orang Indonesia itu kan pegang (kaos) dulu baru beli," kata Arie kepada Kompas.com saat ditemui setelah diskusi.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjadi Reseller

Menurut Arie, karakteristik penjualan merchandise kaos band secara online dan offline berbeda. Calon pelanggan dinilai belum tentu suka melihat produk kaos band yang ditawarkan secara online.

"Reseller itu masih penting kok, penting banget justru kalau kata gue. Ada beberapa reseller kami itu di kita enggak ngetop, dia enggak main band-band side label. Jadi band kami juga bisa masuk," kata Arie.

Arie mengatakan, reseller merchandise kaos band juga prospektif untuk dicoba. Para reseller bisa mendapatkan keuntungan dari harga pembelian kaos band dalam jumlah yang besar dan sesuai kesepakatan dari pihak distributor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com