Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kunci Kesuksesan dalam Berbisnis Menurut Owner Minuman Numbuk

Kompas.com - 09/03/2024, 12:55 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi pengusaha tidak mensyaratkan latar belakang memiliki dasar ilmu ekonomi. Orang dengan berbagai latar belakang pendidikan bisa menjadi pemilik bisnis, sepanjang mereka memiliki niat dan tekad untuk maju.

Salah satunya adalah Abel Jatayu, seorang owner bisnis yang sukses dengan brand minuman sereal-nya yaitu "Numbuk". Abel lulus dari program studi Ilmu Sejarah yang kemudian memutuskan untuk berkarir sebagai pengusaha.

Baca juga: 3 Kunci Membangun Bisnis yang Sukses dan Berkelanjutan

Perjalanannya dalam membangun bisnis telah memberikannya banyak pelajaran berharga dan bisa menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin memulai bisnis. Apa saja itu?

1. Konsistensi

Kesuksesan tidak datang hanya dalam semalam. Abel menekankan pentingnya konsistensi dalam membangun dan menjalankan suatu bisnis. Terkadang, hasil tidak akan langsung terlihat, tetapi dengan ketekunan yang konsisten, Anda akan melihat perkembangan positif dari waktu ke waktu.

Menurut Abel konsistensi adalah hal yang paling penting. Jika Anda masih labil dan tak konsisten, maka bisnis Anda tidak akan mendekati kesuksesan.

2. Inovatif

Dalam dunia bisnis yang terus berubah, inovasi menjadi kunci untuk mempertahankan daya saing. Abel mendorong para pengusaha untuk tetap terbuka terhadap ide-ide baru dan terus melakukan inovasi dalam produk bisnis mereka.

Abel juga melakukan inovasi dalam produknya. Produk-produk Numbuk merupakan produk yang Ia kembangkan sendiri dan berbeda dengan usaha dari keluarganya.

Menurut Abel, salah satu kunci utama kesuksesan bisnis adalah memiliki produk yang unik dan membedakan. Dalam kasus "Numbuk", minuman sereal alami dengan banyak manfaat menjadi tarik utama yang membedakan brand tersebut di pasaran.

3. Yakin

Anda harus mencontoh Abel yang mempunyai sikap yakin dalam produknya. Abel sangat yakin bahwa produk Numbuk memiliki value yang layak bersaing di pasaran.

Saat terdampak pandemi, Abel tidak yakin untuk melanjutkan usahanya. Dari situ ia sadar bahwa ketidakyakinan adalah hal yang membahayakan bisnis. Dengan keyakinannya, bisnisnya bisa berjalan terus hingga sekarang.

4. Berusaha keras

Sikap berusaha keras akan menjauhkan Anda dari kata “menyerah”. Jika Anda terus bekerja dan berusaha keras, maka percayalah hasilnya akan Anda nikmati.

Abel berusaha keras agar produknya dikenal oleh banyak Masyarakat dengan melakukan banyak upaya, seperti menggunakan digital marketing, dan lain-lain. Denga berusaha keras, Abel mengaku dapat menaikkan brand awareness produknya.

Baca juga: 7 Pola Pikir Wirausaha yang Harus Diterapkan untuk Mencapai Kesuksesan

Itulah kunci kesuksesan bisnis dari Abel Jatayu. Pastikan Anda menjunjung tinggai keempat hal itu, untuk kesuksesan bisnis Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com