Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Bisnis dari Pemilik Bisnis Keramik, Salah Satunya Jangan Mudah Menyerah

Kompas.com - 12/03/2024, 07:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kamu sedang menjalankan bisnis? Tengah mengalami kejenuhan dalam bisnis?

Tenang. Ini ada tips bisnis dari Antin Sambodo, seorang pemilik Jinjit Pottery, yaitu usaha pottery di Jakarta. Antin telah menjalankan selama 20 tahun lebih sejak tahun 2000 silam.

Awalnya, bisnis Antin tak berjalan sesuai rencananya. Ia merupakan lulusan arsitektur yang bekerja sebagai konsultan arsitektur di sebuah perusahaan.

Krisis moneter melanda tahun 1998 lalu perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. Ia memutuskan untuk mengambil les atau kelas pottery.

Baca juga: Kisah Sukses Muchlis Arif Sutopo Membangun Bisnis Keramik sejak 1994

Apa saja tips bisnis dari Antin? Berikut ulasannya.

1. Pilih Bisnis yang Sesuai Passion

Tak lagi menjadi seorang arsitek, menurut Antin menjadi seorang yang melakukan pottery masih nyambung dan berkaitan dengan seni. Antin sangat menyukai seni, maka Ia merasa bisnis yang ia jalani sudah sesuai dengan passionnya.

Dengan sesuai passion, Antin mengaku senang dan tak pernah bosan menjalani usahanya yaitu dalam membuat keramik. Di Jinjit Pottery, ia bisa menuangkan kreativitasnya ke dalam sebuah desain keramik.

Ia bahkan merasa kalau menjalankan bisnis pottery ini tidak ada bedanya dengan bermain. Ia merasa sangat menikmati bisnisnya.

2. Jangan Menyerah

Bertahan lebih dari 20 tahun, Antin telah melalui banyak sekali jatuh bangun usaha Jinjit Pottery. Ia berkata bahwa jangan dipikir sebuah usaha itu selalu di atas dan sebaliknya, tidak juga selalu di bawah.

Intinya kamu tidak boleh menyerah dalam menjalankan bisnis. Untuk menuju kesuksesan bisnis, kamu harus terus berjuang.

3. Kerja dari Hati

Antin mengatakan bahwa semua keramiknya dibuat dari hatinya. Begitu juga desainnya, semuanya ia buat dari apa yang ada di benaknya.

Kerja dari hati akan membuat kamu ikhlas dan bangga akan hasil pekerjaannya. Hal ini akan menjadikan mindset kamu bahwa produkmu mempunyai value yang tinggi, dibanding produk lain. Kamu harus berbangga akan itu.

Baca juga: 4 Tips Sukses Bisnis Kerajinan Keramik Cantik ala Budijanto, Founder Semaya Clay

Dengan mengambil dari nasehat-nasehat Antin Sambodo, para calon pebisnis dapat memperoleh inspirasi dalam menjalankan bisnis. Kunci kesuksesan tidak hanya terletak pada produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga pada dedikasi, inovasi, dan komitmen untuk terus belajar dan berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com