Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berminat Bisnis Pupuk Kompos? Berikut Hal yang Harus Dipertimbangkan

Kompas.com - 20/03/2024, 19:30 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber LiveAbout

KOMPAS.com - Isu sampah makanan akhir-akhir ini menjadi bahasan di tengah masyarakat. Banyak orang mulai memahami isu tersebut dan menanganinya dengan cara membuat pupuk kompos

Kamu bisa juga memanfaatkan sampah makanan tersebut sebagai peluang bisnis. Akan tetapi, terdapat tiga hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis pupuk kompos. 

Pertimbangan tersebut diperlukan untuk meyakinkan dirimu dan setelahnya kamu bisa kembali refleksi diri mengenai kesanggupanmu dalam menjalankan bisnis ini. 

Baca juga: Tips Memulai Usaha Pupuk Organik

Maka dari itu, kamu bisa simak artikel berikut yang telah dirangkum Kompas.com dari liveabout.com.

1. Luas Lahan yang Cukup 

Meski membuat pupuk kompos mudah untuk dilakukan, tetapi kamu juga perlu lahan yang cukup untuk membuat pupuk. Luas lahan tersebut penting untuk nantinya mengembangkan bisnis pupuk kompos milikmu. 

Pastikan ruang yang kamu sediakan cukup untuk menampung sampah-sampah makanan yang dibuat untuk pupuk kompos. Apalagi, jika kamu membutuhkan banyak wadah untuk mengolah sampah makanan dengan tanah. 

Baca juga: Bisnis Pupuk Organik Berpeluang Hasilkan Jutaan Rupiah, Begini Cara Produksinya

2. Kebutuhan Logistik

Material pupuk kompos yang berasal dari sampah makanan, perlu dipertimbangkan logistik yang akan digunakan. Untuk mengangkut sampah makanan dari orang lain, sebisa mungkin gunakan truk pengangkut atau kendaraan lain yang dikhususkan untuk mengangkut sampah.

Selain itu, kebersihan atau sanitasi juga menjadi masalah yang cukup rumit karena mengangkut banyak sampah makanan. Jangan sampai sampah-sampah tersebut justru mengotori lingkungan rumah dan membuat orang tidak nyaman. 

3. Proses Belajar yang Tidak Instan

Dalam membangun bisnis pupuk kompos tentunya diperlukan ilmu yang cukup. Misalnya pengetahuan tentang cara mengolah sampah makanan menjadi kompos, bagaimana penggunaan alatnya, dan ketentuan lainnya. 

Baca juga: Kisah Alumni Jurusan Akuntansi yang Sukses Berbisnis Pupuk

Prosesnya pun tidak instan. Diperlukan waktu agar kamu bisa mahir dan memahami dunia pupuk kompos sepenuhnya. Kamu bisa belajar dari pengalaman-pengalaman yang kamu lalui selama membuat pupuk kompos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com