Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mengoptimalkan TikTok untuk UMKM Anda

Kompas.com - 30/03/2024, 09:15 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era digital yang terus berkembang, media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran paling kuat bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Di antara berbagai platform yang tersedia, TikTok sangat menonjol sebagai salah satu platform yang paling potensial untuk meningkatkan visibilitas.

TikTok, dengan format video pendeknya yang unik dan fitur For Your Page (FYP), menawarkan kesempatan bagi pemilik usaha kecil untuk menjangkau pasar mereka dengan cara yang inovatif dan kreatif.

Hal tersebut, mendorong para pelaku usaha untuk membuat dan mengolah konten yang sesuai pada akun usahanya.

Baca juga: Perkuat Peran UMKM, TikTok Indonesia Luncurkan TikTok Jalin Nusantara

Dilansir dari Business News Daily, berikut beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda memanfaatkan TikTok secara optimal untuk usaha kecil Anda:

1. Ikuti Tren yang Bersifat Umum

Strategi ini dapat digunakan di platform media sosial mana pun, tetapi sangat efektif pada TikTok.

Platform ini melihat volume tinggi di sekitar topik tertentu seperti hiburan, tarian, lelucon, proyek DIY, perjalanan, dan pembelajaran yang sedang ramai.

Anda perlu meneliti audiens, terutama target pasar Anda untuk melihat jenis konten mana yang paling mereka sukai. Gunakan pengetahuan itu untuk menentukan jenis konten TikTok yang Anda buat.

Sebagai contoh, jika target pasar Anda senang terlibat dengan video lelucon, Anda dapat mengunggah video lucu atau meme agar menarik mereka mengunjungi akun Anda.

Baca juga: 4 Ide Konten untuk Promosi Produk di Tiktok

2. Pendekatan yang Santai, Tidak Terlalu Komersil

Pengguna Instagram cukup berbeda dengan pengguna TikTok. Pengguna TikTok tidak akan menyukai pendekatan yang terlalu kentara.

Maksudnya adalah, jika Anda terang-terangan ber-komersil dalam video Anda, maka sudah dipastikan mereka tidak akan menontonnya.

Jadi, biarkan mereka hanya mengetahui apa yang menarik dan menyenangkan tentang bisnis Anda.

Pastikan Anda dengan jelas memahami budaya merek, nilai-nilai, dan identitas Anda, sehingga konten yang Anda buat tidak mengandung sesuatu yang terlalu mencolok untuk menjual produk Anda.

3. Mengikuti ‘challenge’ TikTok

Cara mudah untuk meningkatkan visibilitas adalah dengan ikut serta dalam tantangan TikTok. Temukan lagu atau aktivitas apa yang sedang tren dan buat versi dengan produk dari usaha Anda.

Selain dapat meningkatkan visibilitas, juga membuat Anda terlihat lebih mudah didekati atau dijangkau oleh calon pelanggan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com