Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Branding Bisnis Lewat Video? Ini Modal yang Kamu Butuhkan

Kompas.com - 23/04/2024, 08:30 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk mengikuti perkembangan zaman, branding bisnis melalui video menjadi salah satu cara agar bisnismu mudah menjangkau masyarakat yang lebih luas. Apalagi jika dibubuhi dengan konten-konten yang menarik. 

Video branding bisnis yang menarik juga akan meningkatkan awareness masyarakat terkait bisnis yang kamu rintis. Kamu pun perlu memiliki berbagai sumber daya agar pembuatan video branding dapat berjalan dengan lancar. 

Sumber daya atau modal untuk membuat video branding dapat kamu simak melalui artikel berikut ini. Kompas.com telah merangkumnya dari business.com: 

Baca juga: 3 Tips Membuat Video Company Profile yang Menarik untuk Bisnismu

Simak baik-baik agar kamu paham modal-modal yang kamu butuhkan sebelum memulai membuat video branding bisnis.

1. Talent

Talent adalah orang yang tampil dalam video dan mampu membawakan video branding bisnis kamu. Oleh karena itu, tentu kamu butuh talent yang bisa membawakan video branding milikmu dengan baik dan menarik. 

Cara memperolehnya bisa dengan merekrut talent yang sudah berpengalaman lalu memberikan upah seperti pekerja lainnya.

Jika ingin lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa menjadikan salah satu karyawanmu atau kamu sendiri untuk menjadi talent. 

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Membuat Video Company Profile

Sebagai permulaan, kamu tidak harus merekrut talent yang sangat profesional. Kamu bisa mulai dari apa yang kamu miliki. Jika sudah memiliki budget yang cukup, barulah memutuskan untuk mencari talent profesional. 

2. Kamera

Poin penting dari pembuatan video yaitu kamera. Kamu bisa menggunakan kamera profesional atau menggunakan kamera ponsel. Silakan gunakan kamera manapun sesuai dengan kemampuan masing-masing. 

Jika kamu belum memiliki kemampuan dari sisi kamera, kamu dapat membuat video terkait website atau media sosial bisnismu. Caranya dengan merekam website melalui gadget yang kamu miliki lalu masuk dalam proses editing. 

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengunggah Video Pendek untuk Strategi Pemasaran

3. Editing Software

Supaya kualitas videomu menjadi lebih baik, kamu bisa gunakan software untuk melakukan editing. Software yang digunakan tidak harus yang berat seperti Adobe Premiere Pro. 

Jika kamu masih dalam tahap awal soal video branding, kamu bisa menggunakan aplikasi editing seperti Capcut atau lainnya. Melalui aplikasi editing di ponsel, kamu tetap bisa membuat video branding dengan menarik. 

Jadi, modal untuk membuat video branding bisa dimulai dari apa yang sudah kamu miliki dan sesuai dengan budget. Tidak perlu memaksakan harus keluar banyak uang demi talent atau alat-alat yang profesional. Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Bikin Video Promosi Masuk FYP TikTok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com