Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Cara Content Marketing Kamu Bisa Menghasilkan Cuan

Kompas.com - 16/05/2024, 14:33 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam era di mana media sosial seperti Instagram dan TikTok digunakan sevara intensif oleh masyarakat, content marketing kenjadi strategi pilihan bagi para pebisnis agar produk mereka dapat terjual. Ide konten juga bermacam-macam, mulai dari konten komedi hingga konten review produk. 

Konten-konten yang tersebar di media sosial sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk menambah keuangan bisnismu. Apalagi jika kontenmu memiliki viewers dalam jumlah yang banyak dan viral di kalangan netizen. 

Supaya kontenmu bisa menghasilkan cuan, kamu bisa menggunakan beberapa strategi seperti yang disebutkan dalam artikel berikut ini. Kompas.com telah merangkumnya dari situs entrepreneur.com.

Baca juga: Buat Content Marketing di Youtube? Mari Simak 4 Tips Ini

Ajak Audiens Berlangganan

Jika kamu familiar dengan istilah subscribe di YouTube, kamu pasti tidak asing dengan konsep ini. Melalui cara ini, audiens akan membayar untuk berlangganan konten dari bisnismu dalam jangka waktu tertentu. 

Kamu bebas untuk menentukan jangka waktu berlangganan. Audiens dapat berlangganan selama satu minggu, satu bulan, bahkan satu tahun. Jangan lupa untuk pasang tarif yang sesuai dengan jangka waktu tersebut.

Sesekali, kamu juga bisa memberikan diskon bagi audiens yang berlangganan kontenmu. Kamu dapat memberikan promo saat perayaan hari besar seperti Natal, Ramadan, Idul Fitri, dan lainnya. 

Baca juga: Ingin Unggah Hasil Content Marketing? Jangan Lewatkan 3 Hal Ini

Konten Premium

Konten premium berbeda dengan subscribe atau berlangganan. Jika berlangganan dapat mengakses seluruh konten yang kamu buat, konten premium hanya ditujukan untuk konten-konten tertentu. Audiens dapat membayar untuk satu konten atau satu topik yang berisi berbagai macam konten. 

Biasanya, kamu dapat mengkategorikan konten sebagai sesuatu yang dapat diuangkan dengan melihat seberapa sulit pembuatan konten tersebut. Bahkan, bisa juga kamu melihat dari sisi seberapa dalam topik yang dibahas dalam konten tersebut. 

Link Affiliate

Untuk strategi yang satu ini, kamu bisa mengajak beberapa orang untuk menjadi tim affiliate kamu. Biarkan mereka berkreasi dengan ide konten mereka untuk mengarahkan audiens mengunjungi toko online kamu di e-commerce

Baca juga: 3 Alasan Pebisnis Pemula Perlu Memanfaatkan Content Marketing

Biasanya para affiliate menggunakan media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk membuat konten produk kamu. Keuntungan dari affiliate ini bisa kamu dapatkan dari orang-orang yang membeli produk kamu. Tim affiliate juga akan mendapatkan komisi dari konten mereka. 

Buat Merchandise

Merchandise dapat menarik perhatian orang-orang, terutama bagi seseorang yang belum menyentuh produk dari bisnismu. Kamu bisa membuat merchandise yang unik dengan konsep yang sedang tren di kalangan masyarakat saat ini. 

Contohnya, kamu bisa membuat merchandise seperti botol minum, totebag, gantungan kunci, atau stiker. Merchandise tersebut bisa kamu tambah dengan nuansa Kpop atau anime tertentu untuk menarik para penggemar. 

Baca juga: 5 Ide Konten Media Sosial yang Menarik untuk Bisnis Kuliner

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com