Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Menggunakan Affiliate Marketing untuk Bisnismu

Kompas.com - 29/05/2024, 18:19 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di media sosial seperti Instagram, sering dijumpai konten yang mempromosikan suatu produk lalu mengarahkan untuk klik tautan produk di bio mereka. Konten tersebut disebut sebagai affiliate marketing

Pebisnis mana pun bisa menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan mereka. Asalkan memiliki budget yang cukup untuk membayar para affiliate. Selain itu, affiliate marketing memiliki kelebihan tersendiri bagi perkembangan bisnismu. 

Supaya lebih yakin, kamu perlu mengetahui kelebihan dari strategi affiliate marketing dari artikel berikut ini. Kompas.com telah merangkum topik ini dari situs berbagai sumber.

Baca juga: Simak 5 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketing Tanpa Modal

Penjualan yang Meningkat Pesat

Dengan menggunakan affiliate marketing, penjualan produkmu dapat meningkat pesat daripada biasanya. Hal ini dikarenakan para affiliate selalu menemukan ide konten yang menarik para audiens untuk membeli produkmu.

Namun, peningkatan penjualan ini juga tergantung dari cara affiliate mempromosikan produkmu. Jika para affiliate ini membuat konten yang mampu "membujuk" audiens untuk membeli produkmu, maka penjualan dapat meningkat. 

Berbeda jika ternyata affiliate marketing kurang sanggup untuk membuat konten yang menarik dan mampu menggaet perhatian audiens. Mungkin penjualanmu akan tetap stabil seperti biasanya dan belum ada peningkatan yang diharapkan.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Umum Saat Melakukan Affiliate Marketing

Tidak Perlu Repot Mencari Tim Marketing 

Sebagai pebisnis pemula, kamu mungkin merasa membutuhkan tim marketing tersendiri untuk memasarkan produkmu. Biasanya orang-orang membutuhkan tim marketing untuk membuat strategi pemasaran seperti iklan, mengoptimalkan media sosial, dan sebagainya. 

Akan tetapi, jika kamu menggunakan sistem affiliate, kamu tidak terlalu membutuhkan tim marketing. Sebab affiliate sendiri sudah merupakan bagian dari penerapan marketing produkmu. Mungkin kamu hanya akan butuh tim marketing sebagai pemantau affiliate.

Bisa Memanfaatkan Model Affiliate yang Berbeda

Umumnya, para affiliate memiliki cara tersendiri untuk mempromosikan produkmu. Ada affiliate yang melakukan live shopping, membuat review produk, atau menggunakan konsep video estetik ala vintage. Sebenarnya, masih ada teknik affiliate lain yang bisa kamu temukan, terutama di media sosial.

Baca juga: 5 Manfaat Menerapkan Affiliate Marketing untuk Bisnismu

Karena ada bermacam-macam teknik affiliate, kamu memiliki berbagai pilihan untuk menentukan affiliate yang cocok untuk meningkatkan penjualan. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. 

Jika kamu membutuhkan affiliate sebagai pemasok keuntungan utama, pilihlah affiliate dengan engagement yang tinggi. Sebaliknya, jika kamu ingin menggunakan affiliate sebagai sampingan, kamu tidak perlu mengejar engagement audiens yang terlalu tinggi.

Hanya Membayar Affiliate Saat Produk Berhasil Terjual 

Membayar affiliate tidak sama dengan memberi gaji pada tim marketing setiap bulannya. Kamu hanya perlu menyiapkan budget untuk membayar affiliate ketika produk berhasil terjual. Setiap ada satu produk yang terjual, kamu baru bisa membayar affiliate tersebut. 

Baca juga: Begini 5 Cara Manfaatkan Affiliate MarketingAgar Untung

Selain itu, kamu bebas untuk memilih affiliate sesuai dengan kebutuhanmu. Bahkan, jika kamu tidak puas dengan kinerja suatu affiliate, kamu bisa menggantinya dengan affiliate lain. Mungkin kamu bisa memilih affiliate lain yang audiensnya memang tertarik dengan produk-produk buatanmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com