Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Berbisnis Kuliner? Simak Tips dari Owner Jajan Si Manis

Kompas.com - 11/06/2024, 20:19 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memulai bisnis bukanlah perkara mudah. Diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk bisa sukses.

Salah satu inspirasi yang bisa diambil adalah dari owner Jajan Si Manis, yaitu Liza Olivia (49) dan Ratna Fedara Fatima (43) atau Feda.

Jajan Si Manis merupakan sebuah usaha kuliner berupa jajanan tradisional Indonesia yang kini semakin populer.

Baca juga: Tips dari Owner Es Campur Ko Acia agar Pelanggan Kembali Kepada Anda

Untuk dapat sukses bahkan hingga mempunyai empat cabang resmi saat ini, tentu mereka mempunyai cara tersendiri. Berikut adalah beberapa tips yang dibagikan oleh Owner Jajan Si Manis untuk Anda yang ingin sukses berbisnis;

1. Belajar Semua Hal tentang Bisnis

Feda merupakan seorang arsitek dan Liza seorang desain interior. Mereka berhenti dari pekerjaannya ketika pandemi.

Mereka pun memutuskan membangun bisnis kuliner. Mereka berdua tidak mempunyai background bisnis sama sekali, maka mereka mempelajari semua tentang bisnis secara otodidak.

Mulai dari mengelola uang, SFM, media sosial, hingga bahan baku, semuanya mereka pelajari. Mereka juga berpesan agar jangan malu bertanya kepada teman, keluarga, atau siapapun yang telah berpengalaman di dunia bisnis, agar Anda bisa belajar dari pengalaman mereka.

2. Membuat Usaha yang Berbeda dengan Kompetitor

Agar bisnis Anda dilirik oleh audiens, Anda harus membuat bisnis Anda berbeda dengan kompetitor. Persaingan bisnis sangat ketat, apalagi Anda harus bersaing dengan merek yang telah populer atau besar sejak lama.

Maka jalannya adalah dengan menawarkan sesuatu hal yang berbeda ke pasaran. Feda dan Liza membuat café untuk nongkrong atau makan cantik, tetapi mereka menawarkan jajanan tradisional Indonesia untuk teman minum kopi atau teh.

Kebanyakan coffee shop hanya tersedia camilan luar negeri seperti croissant, lasagna, dan lain sebagainya. Maka dari itu, Feda dan Liza ingin membuat suatu café yang berbeda.

Baca juga: Owner Koncone Ngemil Bongkar Rahasia Bisnis Camilannya Sukses

3. Menganggap Kendala Usaha sebagai Pijakan dan Loncatan untuk Berkembang

Setiap menjalani bisnis, pasti ada saat kita mengalami kesulitan atau kendala di dalam prosesnya. Feda dan Liza berpesan jangan menganggap kendala itu sebagai beban, tetapi anggaplah sebagai suatu batu loncatan agar Anda bisa terus naik level.

Jika tidak ada kendala atau kesulitan, Anda tidak akan mengetahui apa yang kurang atau apa yang bermasalah di dalam bisnis Anda. Dengan mengetahui kesulitan atau kekurangan, Anda bisa memperbaikkinya dan mengatasinya secepat mungkin serta membantu Anda lebih cepat bertumbuh,

4. Menjalani Bisnis dengan Passion dan Cinta

Jika Anda ingn sukses berbisnis, hal yang paling pertama untuk dilakukan adalah mencintai bisnis Anda terlebih dahulu. Anda harus enjoy dalam menjalankan setiap prosesnya.

Feda dan Liza merasa bahwa passionnya ada di Jajan Si Manis. Setiap harinya mereka menikmati mengerjakan semua operasional bisnisnya.

Perasaan seperti itu akan selalu membuat Anda ingin memberikan yang terbaik untuk bisnis Anda. Anda juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankannya dan terus mengembangkan bisnis Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com