Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantul Siapkan 12 Pameran untuk Promosikan Produk UMKM

Kompas.com - 11/06/2024, 20:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

Sumber Antara

BANTUL, KOMPAS.com - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 12 pameran produk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai upaya memperkuat promosi produk industri kreatif pada tahun 2024.

"Dalam memperkuat produk produk baik yang melalui UMKM, juga IKM (industri kecil menengah) kita, pameran yang diselenggarakan rutin setiap tahun juga tahun ini kurang lebih ada sekitar 12 pameran," kata Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul, Husin Bahri di Bantul, Selasa seperti Antara.

Menurut Husin, pameran produk industri kreatif Bantul tersebut meliputi pameran yang skalanya lokal, regional dan tingkat nasional yang diselenggarakan pemerintah daerah, maupun fasilitasi dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

"Kalau pameran yang skalanya nasional, seperti Inacraft, Jiffina kemudian berbagai pameran kerajinan yang ajangnya adalah lokal kabupaten maupun provinsi, kalau di Bantul tingkat kabupaten yang rutin digelar setiap tahun yaitu Bantul Creative Expo," tambah Husin.

Baca juga: Promosikan Produk Rotan Cirebon, Disperindag Jabar Gelar Pameran

Husin mengatakan, pameran pameran skala lokal dalam bentuk bazar UMKM, juga gelar produk industri kreatif yang diadakan bersamaan dengan event pemerintahan lainnya juga diadakan empat sampai lima kali dalam setahun.

"Dan kita juga ada terkait dengan pameran pameran yang bersifat insidentil yang kita ikuti juga, dalam artian dadakan atau tidak direncanakan, seperti beberapa waktu lalu pameran terkait industri kreatif bekerja sama dengan Dekranasda DIY di Surakarta Jawa Tengah," ujar Husin.

Husin menambahkan, untuk pameran tingkat internasional, biasanya diselenggarakan melalui pemerintah pusat, pada pameran ini biasanya juga mendatangkan kunjungan atau tamu dari daerah lain atau pembeli dari luar negeri.

"Kalau internasional itu dalam konteks nasional, hanya sasaran internasional, seperti pameran Inacraft itu penyelenggara tingkat nasional, tetapi diarahkan bagaimana mendatangkan pembeli atau konsumen dari mancanegara untuk melihat produk pameran," pungkas Husin.

Baca juga: 4 Keuntungan Mengikuti Pameran bagi UMKM, Pelaku Usaha Harus Tahu

Husin mengatakan, pameran pemeran produk kerajinan para pelaku industri kreatif tersebut memang sejauh ini efektif meningkatkan bagaimana mempromosikan produk kerajinan, termasuk penjualan baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Selain itu juga produk produk industri kreatif kita semakin memiliki daya saing, sehingga harapannya ke depan, dengan pameran ada pembelian langsung ke masyarakat atau pembeli yang langsung ke tempat pengrajin," kata Husin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com