Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Beri Layanan Prima ke Konsumen agar Bisnis "Menyala"

Kompas.com - 21/06/2024, 13:40 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernah dengar konsep pelayanan prima dalam bisnis? Singkatnya, konsep ini berupa pendekatan dan interaksi yang bertujuan membuat konsumen puas melebihi ekspektasinya.

Pelayanan prima bukan hanya sekadar menuntaskan kegiatan transaksi bisnis, tetapi juga menganai cara membangun hubungan berkelanjutan dengan konsumen.

Konsep pelayananan prima yang membuat konsumen puas terhadap bisnis kamu bisa memengaruhi loyalitas pelanggan, citra perusahaan, dan perkembangan bisnis menjadi lebih unggul.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, seperti yang dilansir dari Gramedia.com,


Baca juga: 4 Ide Program Giveaway Untuk Pemasaran Bisnis, Tertarik?

1. Memberikan Empati

Dalam implementasinya, konsep pelayanan prima memprioritaskan pengalaman dan kepuasan konsumen. Untuk itu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pahami apa kebutuhan dan permintaan konsumen.

Cara untuk mengetahui kebutuhan konsumen adalah dengan melakukan riset dan mendengar masukan dari mereka. Jangan lupa untuk tunjukkan respon positif berupa rasa empati.

Empati bisa membuat konsumen merasa dihargai dan membuat mereka memandang bisnis kamu dengan lebih berbeda. Hal ini bisa mendorong kepuasan konsumen dan membuktikan bahwa pelayanan yang kamu berikan memang prima.

2. Melatih Karyawan

Dalam bisnis, pelayanan sangat bersangkut-paut dengan karyawan dan SDM perusahaan, karena interaksi dan hubungan yang dijalin yaitu antara karyawan sebagai perwakilan perusahaan dan konsumen.

Baca juga: 3 Cara Mengelola Inventaris Produk Bisnis Anda

Maka dari itu, untuk memastikan bisnis kamu memiliki pelayanan yang prima, kamu perlu memastikannya dari kinerja karyawan terlebih dahulu. Pastikan karyawan memiliki budaya pelayanan yang baik dan tahu cara menangani konsumen.

Kamu bisa mengadakam pelatihan terlebih dahulu, selain itu kamu juga perlu rutin mengingatkan karyawan untuk terus menerapkan konsep pelayanan prima. Dengan begitu para karyawan dapat membuat konsumen terkesan dan merasa puas. Bahkan, bisa menjadi pelanggan karena sudah memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan para karyawan.

3. Mendukung Sumber Daya

Pelayanan prima tentunya juga didukung dengan sumber daya yang memadai, baik itu dari segi infrastruktur, fasilitas, teknologi, hingga sumber daya manusianya.

Menyesiakan sumber daya yang mendukung juga bisa mempengaruhi konsep pelayanan prima. Sumber daya bisa membantu memenuhi kebutuhan konsumen, jika kamu memiliki sumber daya yang terjaga dan berkualitas maka ini bisa menambah pengalaman positif dan kepuasan konsumen.

Baca juga: Jangan Asal Menggunakan AI untuk Strategi Bisnis, Pahami 3 Tantangannya

4. Mengukur Kinerja dan Pelayanan

Untuk mengetahui bagaimana tanggapan dan tingkat kepuasan konsumen maka kamu perlu mengukurnya. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan survey dan meminta umpan balik berupa testimoni dari konsumen.

Selain kamu bisa mengetahui tanggapan konsumen terhadap bisnis kamu, dengan mengukur kinerja dan pelayanan kamu juga bisa tahu di mana letak kekurangan perusahaanndan apa upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Dengan begitu, pelayanan yang kamu berikan bisa semakin prima dan memuaskan pelanggan melebihi ekspektasi mereka.

5. Menghargai dan Mengakui Karyawan

Bagaimana pun, pelayanan prima tetap berasal dari kinerja karyawan. Oleh karena itu, kamu perlu menghargai usaha mereka yang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen.

Jangan segan untuk mengapresiasi dan mengakui hasil kerja para karyawan. Dengan begitu karyawan merasa dihargai dan semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan prima. Semakin positif karyawannya, semakin mungkin perusahaan kamu memiliki pelayanan prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau