Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Pemkot Cimahi Targetkan 13.925 NIB Bisa Diterbitkan

Kompas.com - 30/08/2024, 20:17 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

CIMAHI, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Jawa Barat menargetkan 13.925 Nomor Induk Berusaha (NIB) diterbitkan pada 2024 untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kota itu agar mengantongi dokumen tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi di Bandung, Jumat menjelaskan, dari target tersebut, 9.000 NIB telah diterbitkan melalui sistem 'Online Single Submission Risk Based Approach' (OSS-RBA) atau perizinan berbasis risiko.

“Dengan target penerbitan sebanyak 13.925 NIB yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, maka Cimahi perlu mengejar penerbitan NIB sebanyak 4.925 lagi,” kata Dicky seperti dilansir dari Antara.

Dicky mengatakan, penerbitan NIB bagi UMKM ini merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menargetkan 1 juta NIB untuk 27 kabupaten/kota di Jabar hingga akhir 2024.

"Dalam mensukseskan program provinsi diperlukan akselerasi dan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah," ujar Dicky.

Baca juga: 5 Manfaat Memiliki NIB bagi Pelaku Usaha Mikro

Untuk mengejar target 13.925 NIB, pihaknya menggandeng berbagai komunitas UMKM di setiap kelurahan dan kecamatan untuk berkolaborasi membantu masyarakat mendapatkan legalitas berupa NIB dari aplikasi OSS RBA.

"Program Satu Juta NIB tidak hanya membantu pelaku usaha UMK dalam mendapatkan legalitas usahanya, juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sehingga pada akhirnya dapat menurunkan angka pengangguran," lanjut Dicky.

Menurut Dicky, kepemilikan NIB bagi UMKM sangat penting karena ini menjadi salah satu legalitas yang harus dimiliki, serta kemudahan akses bagi para pelaku usaha.

“Kami ingin memastikan pelaku UMKM di Kota Cimahi memiliki akses dan kesempatan yang sama terhadap legalitas usaha, sumber daya, peluang, dan keputusan ekonomi," pungkas Dicky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau