Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Jaringan Pelaku UMKM, Bank BSI Gandeng Komunitas Pengusaha TDA Luncurkan Kartu Co-Branding

Kompas.com - 02/09/2024, 17:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat jaringan pelaku UMKM dengan meluncurkan kartu co-branding ATM Debit BSI untuk Komunitas Pengusaha Tangan Di Atas (TDA).

Direktur Sales Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan kolaborasi BSI dan Komunitas TDA merupakan salah satu upaya nyata perseroan dalam mengembangkan pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas UMKM.

“Kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen BSI dalam membangun jejaring UMKM yang lebih kuat, sehingga mereka akan lebih mudah mendapatkan fasilitas perbankan syariah yang disediakan oleh BSI. Kami percaya inklusi keuangan menjadi salah satu pendorong penting bagi UMKM agar bisa naik kelas dan sustain,” kata Anton dalam keterangannya, Senin (1/9/2024).

Adapun Komunitas Pengusaha TDA sendiri telah eksis selama 19 tahun dengan jejaring lebih dari 45.000 pelaku usaha. Komunitas Pengusaha TDA yang merupakan pelaku UMKM tersebar di 110 daerah di Indonesia.

Anggota Komunitas Pengusaha TDA pun sangat beragam, dari berbagai level bisnis dan bermacam industri. Level bisnis tersebut yaitu level foundation, level growth, hingga level corporate.

Baca juga: Cara Efektif UMKM Tingkatkan Branding

Untuk kerja sama ini, Anton menuturkan akan memperkuat pula bisnis retail BSI yang salah satunya membidik pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas usaha.

“BSI berkomitmen memberikan produk dan layanan terbaik kepada nasabah. Langkah strategis BSI dalam meningkatkan portofolio bisnis dana retail dan porsi pembiayaan pada UMKM dengan berbagai strategi salah satunya yaitu menggandeng komunitas pengusaha,” kata Anton.

Data per Juni 2024 menunjukkan, BSI telah menyalurkan pembiayaan kepada UMKM sebesar Rp47,72 triliun atau tumbuh 14,54 persen secara tahunan. Saat ini, BSI memiliki lebih dari 3.281 UMKM binaan yang terus dibina dan ada yang berhasil go internasional.

Anton pun menambahkan, kerja sama perseroan dan Komunitas Pengusaha TDA dilakukan sebagai bentuk langkah strategis BSI dalam meningkatkan portofolio nasabah BSI dengan segmen pengusaha UMKM yang berbasis syariah.

Kolaborasi BSI dan Komunitas Pengusaha TDA sudah terjalin sejak lama, baik dengan pengurus pusat maupun pengurus daerah.

Salah satu bentuk kolaborasinya adalah BSI hadir dalam berbagai event yang dilakukan Komunitas Pengusaha TDA. Launching Kartu Co-Branding ATM Debit BSI ini merupakan wujud komitmen BSI kepada Pengusaha dalam rangka pengembangan UMKM.

“Nantinya, setiap member Komunitas Pengusaha TDA akan mendapatkan Kartu Co-Branding ATM Debit BSI yang didesain khusus yang menjadi kartu member TDA dengan mencantumkan logo TDA dan nama member. Selanjutnya member tinggal melakukan aktivasi di kantor cabang BSI terdekat,” kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau