Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Lokasi bagi Kamu yang Ingin Bisnis Kuliner

Kompas.com - 18/01/2022, 07:53 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis kuliner yang dijalankan secara offline memang menuntut pemilihan lokasi yang tepat. Bagaimanapun, hal ini terkait dengan kemudahan pengunjung dayang, serta faktor pendukung lainnya.

Karena itu, ada sejumlah tips yang bisa kamu coba jika ingin membuka bisnis kuliner secara offline.

Baca juga: Cerita Rizky Ananda Bangun Bisnis Kecantikan, Mulai dari Distributor hingga Punya Pabrik

1. Pilih Lokasi yang Strategis dan Ramai

Lokasi strategis yang dimaksud adalah kamu bisa memilih lokasi bisnis kuliner yang dijalankan dekat dengan jalan raya, dekat kota, pusat kota, atau dekat pusat bahan baku.

Dan pastinya, kamu juga bisa melihat apakah lokasi yang dipilih ramai atau tidak. Jika ramai, di sana ada pasar yang bisa digarap sehingga bisnis kamu bisa berkembang. Sebaliknya, jika sepi, lokasi tersebut tidak menjanjikan.

2. Cocok dengan Produk yang Dijual

Pilihlah lokasi yang sesuai dengan produk yang dijual. Jika kamu menjual makanan sehat, coba pilih lokasi yang banyak orang melakukan olah raga seperti pusat kebugaran, dan sebagainya. Sementara itu, jika kamu ingin menjual makanan-minuman yang murah, coba pilih lokasi dekat sekolah.

3. Lokasi yang Bersih

Kebersihan lokasi menjadi syarat mutlak bagi kamu yang akan berbisnis kuliner. Karena itu, pilihlah lokasi yang bersih sehingga membuat pengunjung atau konsumen nyaman saat berkunjung sehingga mereka merekomendasikan resto ataupun tempat kuliner kamu ke orang-orang terdekatnya.

4. Terdapat Lahan Parkir

Bisnis kuliner bisa mendatangkan konsumen dalam jumlah besar di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, lahan parkir menjadi penting demi kenyamanan pelanggan.

Baca juga: Mau Rekrut Karyawan Baru karena Bisnis Berkembang? Perhatikan Tips Ini

5. Perhatikan Kompetisi

Jika kamu ingin bisnis kuliner, jangan lupa perhatikan tingkat kompetisi di sekitar lokasi. Bila Anda adalah pelaku bisnis baru dengan brand yang belum terkenal, memilih lokasi bisnis dengan tingkat persaingan yang ketat, hal itu menjadi pertaruhan besar.

Karena itu, pilihlah lokasi yang memungkinkan kamu bersaing secara imbang. Jika sudah besar, kamu bisa mempertimbangkan pindah ke lokasi yang lebih besar ekosistem bisnisnya.

6. Tingkat Pendapatan Penduduk

Kamu juga perlu mengetahui tingkat ekonomi masyarakat sekitar. Hal ini untuk memastikan bahwa bisnis kuliner yang kamu jalankan terjangkau oleh pembeli yang ada di lokasi tersebut.

Meskipun tempat bisnis kamu strategis, namun kamu memasang harga terlalu mahal, restoranmu tentu akan selalu sepi pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com