Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop UKM Buka Program Pelatihan dan Pendampingan untuk UMKM, Ini Cara Daftarnya

Kompas.com - 22/03/2022, 07:58 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM membuka pendaftaran Program Patenpreneur. Program tersebut digelar dalam rangka memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, menyatakan program ini diarahkan untuk memfasilitasi wirausaha sesuai tahapannya, baik itu Calon Wirausaha, Wirausaha Pemula dan Wirausaha Mapan.

"Pemisahan ini perlu untuk dilakukan karena tiap tahap wirausaha akan memiliki kebutuhan yang berbeda dan ekosistem yang berbeda,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (21/3/2022).

Baca juga: Ini Syarat bagi UMKM yang Mau Jualan di Sarinah

Siti Azizah menyatakan program tersebut digelar untuk mendukung pencapaian target pemerintah di tahun 2024 yaitu tercapainya rasio kewirausahaan nasional sebesar 3,95 persen.

Program Patenpreneur ini memiliki tiga kategori wirausaha dengan kriteria yang berbeda, yakni Calon Wirausaha, Wirausaha Pemula, serta Wirausaha Mapan, yakni mereka yang telah berjalan minimal 3,5 tahun.

Ada dua metode yang digunakan dalam pendampingan pada program ini, yakni konsultasi bisnis dan pendampingan usaha.

Kemenkop UKM menargetkan bisa menjaring peserta sebanyak 3.700 wirausaha di tahun 2022, dengan rincian 3.000 wirausaha akan mendapatkan pendampingan usaha dan 700 wirausaha lainnya akan mendapatkan konsultasi bisnis.

"Adapun klasifikasi tematik wirausaha yang akan mengikuti program tersebut adalah wirausaha sosial, wirausaha teknologi, wirausaha perempuan, wirausaha pemuda, dan wirausaha desa. Hal ini tentu sesuai dengan arahan Perpres tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional,” tambah Siti Azizah.

Cara pendaftaran

Patenpreneur merupakan akronim dari ‘Pahlawan Tumpuan Ekonomi Negeri’. Bagi calon peserta yang ingin bergabung, bisa mendaftar melalui link https://bit.ly/Patenpreneur.

Baca juga: Ini Tipe Orang yang Kurang Cocok Berbisnis, Apakah Kamu Termasuk?

 

 

Terdapat lima tahapan dari Program Patenpreneur yakni:

1. Open Call atau Penjaringan Peserta: penjaringan wirausaha paten.

2. Penilaian (Assessment) Wirausaha: proses seleksi dan penyaringan calon wirausaha paten dengan menggunakan instrumen assesment khusus untuk mengukur jiwa kewirausahaan calon peserta program.

3. Penyelenggaraan Kegiatan Inti: kegiatan Konsultasi Bisnis dan Pendampingan Usaha.

4. Evaluasi dan Klasifikasi Peserta: berdasarkan strategi keberlanjutan yang dibutuhkan untuk dapat terus berkembang.

5. Rekomendasi Keberlanjutan: peserta selanjutnya akan disalurkan ke berbagai program lanjutan untuk memastikan adanya keberlanjutan program seperti terhubung dengan Lembaga Inkubator, Akses Pembiayaan, Kolaborasi Rantai Pasok, Akses Pasar baik melalui internal Kementerian Koperasi dan UKM maupun Kementerian/Lembaga terkait serta Program Kewirausahaan Dunia Usaha, Industri dan Pendidikan.

“Kami percaya bahwa Program Patenpreneur ini dapat melahirkan agent of change di antara generasi muda yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi, inovatif, memiliki keinginan untuk tumbuh secara berkelanjutan, dan mampu menciptakan lapangan kerja,” tutup Siti Azizah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com