Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Ekosistem, Shopee akan Lebih Banyak Libatkan UMKM Lokal

Kompas.com - 13/04/2022, 07:06 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

MALANG, KOMPAS.com - Shopee Indonesia akan terus mengembangkan ekosistem digital di Indonesia dengan melibatkan berbagai UMKM yang ada di berbagai daerah.

Executive Director Shopee Indonesia Handhika Jahja menuturkan, ekosistem digital yang dikembangkan Shopee turut membuka kesempatan yang luas bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk bisa semakin membesar.

"Pengembangan ekosistem digital ini akan memberikan banyak opportunity. Apalagi, anak-anak muda yang menjadi digital native, akan banyak memberikan dukungan terhadap digitalisasi di Indonesia," ujarnya di sela-sela peresmian Kampus Shopee di Malang, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Khofifah Minta Penguatan Literasi dan Digitalisasi Usaha Pelaku UMKM

Menurut Handhika, pihaknya akan mendorong pelaku UMKM di berbagai daerah untuk bisa menjadi bagian dari ekosistem yang dikembangkan. Salah satunya adalah melalui pelatihan agar para UMKM lebih melek digital.

Pelatihan ini dilakukan melalui Kampus Shopee yang sejauh ini sudah hadir di 8 kota. Melalui fasilitas tersebut, Shopee mencoba memberikan berbagai bekal bagi UMKM lokal untuk bisa go digital sepenuhnya.

"Hadirnya Kampus Shopee ini tak hanya sebatas mengajari para pelaku UMKM melakukan pemasaran produk. Lebih dari itu, mereka juga diberi pemahaman mengenai operasional dan pengelolaan bisnis, hingga memanfaatkan tools yang ada untuk meningkatkan bisnis mereka," jelas Handika.

Untuk memperbesar ekosistem tersebut, Shopee mengambil strategi yakni menjangkau UMKM di pinggiran, yakni pelaku usaha di daerah-daerah.

Penunjang lainnya

Kampus Shopee adalah salah satu upaya platform e-commerce itu mengembangkan ekosistemnya. Sebelumnya, Shopee juga telah menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk konsumen maupun pihak penjual.

Baca juga: Bermodal Rp 300.000, Produk Home Decor Pengusaha Blitar Ini Tembus Asean

Salah satu layanan yang diberikan adalah pemberian pinjaman untuk konsumen serta bagi penjual. Layanan lainnya yang juga telah dikembangkan adalah logistik yang memungkinkan pengiriman barang dilakukan secara lebih efisien.

"Dengan berkembangnya ekosistem ini, kami berharap UMKM lokal bisa menjadi bagiannya sehingga bisa memberikan dampak ke perekonomian," kata Handhika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com