Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Mengelola Kebun Kopi dan Mengolah Biji Kopi

Kompas.com - 16/09/2022, 19:00 WIB
Bayu Apriliano,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

PURWOREJO, KOMPAS.com - Kabupaten Purworejo Jawa Tengah mempunyai lahan perkebunan kopi yang cukup luas. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020, luas perkebunan kopi di Purworejo adalah 529 hektare.

Ratusan hektar lahan perkebunan kopi tersebut dapat menghasilkan produksi mencapai 171 ton setiap tahunnya. Dengan banyaknya kopi yang dihasilkan, Kabupaten Purworejo memiliki beberapa produk kopi yang sudah banyak terkenal seperti Kopi Gravitasi, Kopi Wadas, Kopi Benowo, Kopi Purbayan, Kopi Seplawan dan lainnya.

Banyaknya produk kopi yang dihasilkan tak terlepas dari pertanian kopi yang ada di Kabupaten Purworejo. Untuk itu pengembangan dan pengintensifkan pertanian kopi dirasa perlu untuk dilakukan.

Pengembangan dan pengintensifan lahan kopi inilah yang memantik DPR RI Vita Ervina untuk membantu petani dengan menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Produktivitas Tanaman Kopi dan Teknik Pengolahan Kopi di gedung Ganesha Convention Hall Purworejo, pada Kamis 15 September 2022.

Sebanyak 80-an perwakilan kelompok tani dari sembilan kecamatan yaitu Kaligesing, Bagelen, Pituruh, Loano, Bruno, Gebang, Bener, Purworejo, dan Kemiri, mengikuti bimbingan teknis ini. Selain mengikuti Bimtek para petani juga akan diberikan bantuan intensifikasi dan pengolahan produk kopi.

"Dengan ini petani mampu meningkatkan produktivitasnya dan secara ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan," harap Vita.

Dalam bimbingan teknis tersebut, para narasumber beberapa tips yang harus dilakukan petani untuk meningkatkan produktivitas kopi. Berikut tipsnya.

Peningkatan Produktivitas Kebun Kopi

1. Intensifikasi Tanaman Kopi

Intensifikasi tanaman kopi berarti meningkatkan pemeliharaan dan perawatan terhadap tanaman kopi yang sedang dibudidayakan oleh petani.

Hal itu bisa dilakukan dengan pemupukan memakai pupuk kadang, pemberantasan hama dan penyakit dengan efektif.

2. Rehabilitasi Tanaman Kopi

Rehabilitasi ini dilakukan dengan cara melakukan perbaikan tanaman kopi dari yang semula rendah diubah ke minimal menjadi normal kembali. Rehabilitasi dapat dilakukan dengan dipangkas mulai dari bagian cabang sampai dengan batang.

3. Perencanaan Tanaman Kopi

Peremajaan ini dilakukan untuk meningkatoan hasil panen tanaman kopi, peremajaan bisa dikerjakan dengan penggantian tanaman dengan bibit baru.

Semakin tua tanaman kopi, tumbuhan ini semakin tak produktif lagi.

4. Memilih Bibit Kopi Unggulan

Saat ini bibit kopi dari bibit unggulan terbukti memiliki tingkat produktivitas yang jauh lebih tinggi meski harganya lebih mahal.

"Kebutuhan masyarakat akan kopi yang semakin hari makin meningkat, ini menjadi peluang besar khususnya bagi UMKM Kopi dan para petani untuk mengembangkan kopi hasil dari perkebubannya sendiri," ujar Jayadi.

Pengolahan Biji Kopi

Sementara itu, Kusnul Wahyu yang menjadi pemateri kedua membagikan ilmunya bagaimana teknik pengolahan kopi yang baik untuk mengembangkan UMKM Kopi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com