Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Strategi Sentra Kerajinan di Manggarai Timur Angkat Produk Lokal

Kompas.com - 05/10/2022, 09:00 WIB
Markus Makur,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MANGGARAI TIMUR, KOMPAS.com - Sentra kerajinan Rana Tonjong di Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur memberdayakan kaum perempuan untuk merawat keberlanjutan kain tradisional tenun di era digital ini.

Selain memberdayakan perempuan, produsen tersebut juga mempertahankan metode tradisional dalam pembuatan kain.

Pembina UMKM Rana Tonjong di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Manggarai Timur, (Disperindagkop), Adi Ompor menuturkan, jumlah penenun di UMKM Rana Tonjong saat ini ada 6 orang.

Baca juga: Pemerintah Targetkan 30 juta UMKM Go Digital di 2024

"Dan kain yang dihasilkan terdiri dari berbagai jenis seperti sarung songke, kain meteran songke, pasmina, dan selendang songke. Kadang-kadang mereka produksi sesuai pesanan pelanggan," ujarnya kepada Kompas.com, Senin, (3/10/2022).

Adi Ompor mengungkapkan, penamaan sentra kerajinan Rana Tonjong diambil dari nama danau Teratai Rana Tonjong di Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur.

Sejak berdirinya, lembaga ini telah memproduksi ratusan kain tenun bermotif songke Manggarai Timur yang sudah dijual kepada masyarakat Manggarai Timur dan para pembeli dari luar Manggarai Timur.

Produk Tradisional Lainnya

Rana Ronjong mulai berdiri dari 2017. Dalam perjalanannya, sentra kerajinan ini juga menampung dan menjual produk-produk lokal Manggarai Timur seperti kopi, topi khas Manggarai Timur, diantaranya, Nggobe, Topi rajong, periuk tanah dan minyak kelapa murni.

"Kerajinan tangan itu didatangkan dari pelaku-pelaku usaha Kecil Menengah dari 13 Kecamatan di Manggarai Timur, seperti dari pelaku usaha minyak kelapa murni Kisol, kopi dari Colol dan hasil kerajinan tangan lainnya. Semua produk itu dipamerkan ditingkat Nasional, di Labuan Bajo, Kupang dan di Manggarai Timur sendiri," jelasnya.

Baca juga: Agar UMKM Masuk Rantai Pasok Global, Ini Usul Teten Masduki kepada Kadin

Karena berhasil mengangkat perajin tradisional, Rana Tonjong setiap tahunnya mengikuti pameran tingkat nasional seperti pameran Griya Nusa setiap yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan beberapa pameran tingkat nasional lainnya.

"UMKM Rana Tonjong selalu mengikuti pameran kain tenun, mengikuti ajang fashion show tingkat Nasional. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Manggarai Timur bekerja sama dengan Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti pameran kain tenun oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com