Pemerintah Targetkan 30 juta UMKM Go Digital di 2024

Kompas.com - 04/10/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM), Teten Masduki mengungkapkan bahwa pemerintah menargetkan 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) go digital di 2024.

Teten memaparkan bahwa saat ini sebanyak 20,2 juta UMKM sudah onboarding digital, atau naik sebesar 12,2 juta sejak awal pandemi (2020). Jumlah tersebut mencapai 31,1 persen dari keseluruhan UMKM di Indonesia.

"Target kita 30 juta di 2024, berarti sekarang sudah 67,4 persen. Nah, tinggal dua tahun kekejarlah," ujar Teten pada saat gelaran Kick-Off Pahlawan Digital UMKM 2022 di M Bloc Space, Jakarta, Senin (3/10/22).

Baca juga: Pahlawan Digital 2022 Ditargetkan Bantu UMKM Setiap Bulannya

Lewat acara yang bertajuk "Merayakan Transformasi Digital UMKM Indonesia" ini, Teten juga menyampaikan bahwa digitalisasi jadi syarat yang membantu UMKM bertahan serta naik kelas.

Oleh karena itu, pemerintah tengah mencari sosok-sosok muda yang dapat membantu pemerintah mewujudkan lebih banyak UMKM go digital.

"Kita mencari anak-anak muda, inovator muda yang bisa mengembangkan aplikasi-aplikasi (digital) untuk membantu UMKM go digital," ungkap Teten.

Teten mengatakan bahwa melihat banyaknya anak muda yang berinovasi menyelamatkan UMKM di awal pandemi dua tahun lalu, ia merasa senang.

"Saya senang dengan bisnis-bisnis yang dapat menolong dan memberi solusi untuk membangun kesejahteraan bersama," ujar Teten.

Baca juga: Ingin Jualan di TikTok Shop? Ini Cara Aktivasinya

Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara sehingga pemerintah sedang ingin melindungi industri UMKM lokal secara menyeluruh dalam digitalisasi.

Teten menjelaskan, karena itulah lewat gelaran Pahlawan Digital 2022 ini, harapannya ditemukan lebih banyak 'Pahlawan Digital' guna membantu pemerintah serta UMKM, utamanya usaha mikro di daerah-daerah agar bisa menjadi bagian dari agenda percepatan modernisasi UMKM.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.