Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Jualan di TikTok Shop? Ini Cara Aktivasinya

Kompas.com - 03/10/2022, 15:25 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TikTok Shop saat ini telah menjadi alternatif bagi netizen untuk berbelanja. Sekaligus, ini membuka peluang bagi pelaku usaha UMKM menembus pasar yang selama ini belum tergarap.

TikTok Shop sendiri secara diuncurkan pada 17 April 2021. Ini merupakan sebuah fitur berupa social commerce yang dapat menjangkau para penjual, pembeli, dan kreator untuk memungkinkan berinteraksi secara digital.

Fitur tersebut juga menyediakan ruang bagi para user untuk menghasilkan uang dan menjual produk usahanya lewat platform TikTok.

Baca juga: 5 Cara Menentukan Sumber Modal Bisnis Warung Kopi

Para kreator atau pemilik usaha yang mempunyai akun dapat menyertakan sebuah produk di video yang diunggahnya. Dengan begitu, penonton dapat membeli secara langsung dari aplikasi TikTok.

Hal tersebut diharapkan dapat mempermudah penonton dan konsumen agar tidak perlu pergi ke toko online yang terpisah untuk membeli produk yang ditawarkan.

Untuk mengaktifkan TikTok Shop pun tidak sulit. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengaktifkan TikTok Shop:

1. Membuat Akun di TikTok Shop sebagai Seller

Langkah pertama, Anda harus membuat akun di TikTok Shop Seller. Daftarkan akun sebagai akun seller. Anda tidak wajib membuat akun baru, tapi dapat menggunakan akun TikTok yang sudah dimiliki sebelumnya. Kamu bisa membuat akun baru atau menggunakan akun TikTok yang sudah kamu miliki sebelumnya. Caranya mudah, Anda hanya perlu klik "Sign up with TikTok Account".

2. Isi Informasi Toko dengan Lengkap

Anda harus mengisi kelengkapan data yang dibutuhkan sebelum dapat menambahkan produk ke TikTok Shop. Mulai dari alamat, contact person, hingga nomor telepon. Setelah itu, barulah ke tahap selanjutnya dengan klik “Start to add products”.

3. Verifikasi Akun TikTok Shop

Anda perlu memverifikasi beberapa dokumen sebelum dapat berjualan di TikTok Shop. Klik “Verify Documents” di laman utama, lalu klik “Upload Documents”.

Lengkapi data yang diminta sesuai dengan pilihan tipe bisnis yang Anda ajukan, apakah sebagai corporation atau individual. Setelah proses verifikasi selesai dan berhasil, akun TikTok Shop Anda bisa digunakan untuk menjual produk.

Baca juga: 5 Langkah Sukses Merintis Bisnis Dropship Untuk Anak Muda

4. Menambahkan Produk ke TikTok Shop

Anda dapat klik “Add First Product” di laman utama, lalu klik “Add Product”. Lengkapi deskripsi produk, mulai dari nama produk, kategori, dan brand Anda. Selanjutnya, unggah foto produk dan tambahkan deskripsinya sekreatif mungkin untuk menarik perhatian konsumen. Anda dapat mengunggah maksimal 9 foto.

Setelah itu, Anda dapat klik "Publish" untuk mengunggah atau memilih "Save as Draft" apabila tidak ingin langsung mengunggah produk di saat itu.

5. Menghubungkan Akun ke Rekening Bank

Langkah terakhir ini juga penting. Anda perlu menghubungkan rekening bank ke akun TikTok Shop. Klik “Link Bank Account” di laman utama, lalu klik “Link Account”. Ikuti prosesnya hingga selesai menghubungkan rekening ke TikTok Shop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com