Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Masih Fokus Maksimalkan Potensi UMKM dalam Negeri

Kompas.com - 18/10/2022, 07:16 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia berfokus memaksimalkan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal untuk saat ini.

Terkait dengan dukungannya terhadap UMKM lokal, External Communication Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz menyampaikan bahwa pihaknya belum memiliki target khusus untuk pembukaan toko atau gudang di luar negeri.

"Kami masih fokusnya dengan yang ada di dalam negeri dulu. Kita berharap pegiat UMKM lokal bisa menemukan momentum untuk menjadi raja di negeri sendiri dan memanfaatkan teknologi yang kita persiapkan untuk mereka di Tokopedia" ujar Rizky dalam acara Media Gathering bersama Tokopedia di Hallf Patiunus, Jakarta, Senin (17/10/2022).

Baca juga: Kisah Jemino, Jual Kambing Ras Kaligesing hingga Beromzet Puluhan Juta dan Bisa Naik Haji

Selama 13 tahun hadir di tengah masyarakat, Tokopedia berupaya membantu pelaku UMKM dari berbagai bidang, termasuk fashion dan kecantikan.

Melalui dukungan yang diberikan, Tokopedia berharap para pegiat usaha bisa memulai dan membangun bisnis untuk merajai di negeri sendiri dan berkembang hingga setara brand kelas dunia.

Oleh karena itu, tantangan utama yang masih digerakkan adalah untuk menimbulkan perasaan bangga masyarakat dengan produk lokal.

Rizky menjelaskan, salah satu upayanya diwujudkan melalui gerakan nasional dari pemerintah, yaitu gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Gerakan ini, yaitu untuk meng-encourage temen-temen atau masyarakat indonesia untuk mulai menggunakan produk lokal," tutur Rizky.

Rizky juga menyampaikan pernyataan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahwa ekonomi kreatif di Indonesia berpotensi menyumbang peran hingga 20 persen terhadap ekonomi kreatif global.

"Potensi itu bisa terwujud dari tiga industri di dalamnya, yaitu kuliner, fashion, dan kriya" ujar Rizky.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Mengatur Keuangan Bisnis Kuliner

Tokopedia terus mengembangkan dukungan terhadap UMKM lokal dengan pengembangan fitur di dalam platformnya. Salah satunya dengan widget khusus di halaman pertama Tokopedia ‘Bangga Lokal’ yang berisikan produk dari pegiat UMKM dalam negeri.

Rizky juga mengungkapkan fokus Tokopedia dalam mendukung pegiat usaha lokal lewat kampanye-kampanye Hyperlocal mereka, seperti dengan mengembangkan brand unggulan 'Toko Pilihan' pada platformnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com