Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoTo Gelar KoMD 2022 untuk Dorong Kemajuan UMKM di Ekosistem Digital

Kompas.com - 29/10/2022, 08:01 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup GoTo yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial (GTF) menggelar kembali Konferensi Maju Digital (KoMD) untuk para pegiat usaha lokal.

KoMD 2022 merupakan kelanjutan dari KoMD 2021 yang sukses digelar untuk pertama kalinya. Acara yang ditujukan untuk menjangkau para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ini mengusung tema besar "Transformasi Usaha Digital dan Ramah Lingkungan". Tema tersebut selaras dengan misi pemerintah dalam presidensi G20 2022.

Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan menyampaikan bahwa KoMD 2022 bertujuan untuk mendorong kapasitas dan kemajuan pegiat UMKM Indonesia serta daya saing di antara mereka melalui teknologi.

Baca juga: Kisah Mbah Abu, 43 Tahun Jualan Bakso dan Soto untuk Layani Santri

“KoMD adalah konferensi UMKM nasional terbesar dari Grup GoTo untuk mendorong kapasitas pegiat UMKM Indonesia melalui berbagai inisiatif dan solusi teknologi, agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan dunia usaha masa kini," ujar Bayu pada konferensi pers yang dilakukan secara offline dan online (siaran live) di The Kasablanka Hall, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Untuk acara KoMD sendiri diawali dengan beberapa rangkaian event Kelas Maju digital (KeMD) yang dilakukan secara bergilir.

"Road to Konferensi Maju digital ini dilakukan secara bergilir bersama Tokopedia, Gojek, dan GoTo Financial yang membahas beragam topik yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, misalnya pemanfaatan media sosial, atau pengelolaan keuangan, hingga pembangunan bisnis yang ramah lingkungan," tutur Bayu.

Selain melalui KoMD dan KeMD, UMKM di berbagai daerah juga dapat memperoleh wawasan dari sesama UMKM melalui Komunitas yang dibangun oleh Grup GoTo, seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top), dan Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG).

Baca juga: Nak Taraso Perluas Pasar di dalam dan Luar Negeri lewat Rendang Suwir

KoMD 2022 ini juga menghadirkan sejumlah pakar dari berbagai bidang hadir untuk membagikan pengalamannya, berdiskusi, dan memberikan pelatihan dalam rangkaian kelas yang dapat diikuti para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com