Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Keuntungan Usaha Kos di Lokasi yang Strategis

Kompas.com - 01/12/2022, 17:23 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Salah satu usaha properti yang menggiurkan adalah usaha kos. Alasannya jelas karena jumlah perantau semakin banyak, terutama di kota-kota besar. Selain bisa memperoleh pendapatan pasif setiap bulan, Anda juga bisa untung dari adanya kenaikan harga properti setiap tahunnya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membuka usaha kosan adalah memperhatikan lokasi, karena lokasi yang stragegis akan mendatangkan keuntungan maksimal.

Lantas, apa saja keuntungan usaha kos di lokasi yang strategis? Simak dalam poin-poin berikut ini, dilansir dari Cermati.com:

1. Balik modal dalam waktu singkat

Membangun kos-kosan membutuhkan modal yang besar, tapi modal tersebut bisa balik dalam waktu singkat. Mungkin tidak 3 tahun ke depan, melainkan 5-10 tahun ke depan. Sisanya Anda tinggal terima keuntungan yang bisa dijadikan modal untuk membangun kosan di wilayah lain.

Tak heran pemilik kosan banyak uang, apalagi bagi yang punya pekerjaan utama. Usaha kosan bisa dijadikan passive income, bahkan modal untuk mempersiapkan hari tua.

2. Tidak ada matinya

Semua usaha properti tidak ada matinya, termasuk kos-kosan. Eksistensinya akan terus berlanjut, bahkan kalau mulai kurang pun, kamu dapat renovasi untuk ciptakan kesan ruang yang baru. Kini kos-kosan menjadi kebutuhan masyarakat luas, khususnya bagi para perantau yang tidak punya siapa-siapa di kota yang dituju.

Jadi, jangan pernah menyepelekan seseorang yang tidak punya pekerjaan utama, tapi memiliki usaha kos-kosan. Pendapatannya bisa jadi lebih besar, apalagi kalau kamar di kosan terisi penuh setiap saat.

3. Harga properti naik tiap tahun

Selain pendapatan uang kos, keuntungan yang bisa didapatkan adalah dari kenaikan harga properti setiap tahun.

Jika seandainya kos-kosan yang Anda punya eksklusif, kenaikannya bisa mencapai dua kali lipat. Hal yang wajar kalau kos-kosan menjadi investasi jangka panjang yang sangat diminati karena prospeknya jelas. Ya, meskipun modal awalnya sangat besar untuk membeli atau merenovasinya.

4. Banyak diincar orang

Inilah keuntungan usaha kos di lokasi yang strategis, yaitu karena banyak diminati oleh orang lain. Diminati karena dekat ke mana saja, dekat dengan akses umum, dan memudahkan mobilisasi sehari-hari.

Penghuni kosan mungkin tidak hanya dari kalangan pekerja saja, tapi juga mahasiswa atau pasangan suami istri (pasutri) tanpa anak.

Jauhkan rasa khawatir akan bayang-bayang kosan tidak laku. Selagi kamu rawat, lengkapi dengan fasilitas memadai, dan harga yang bersaing, percayalah pasti dilirik banyak orang. Ditambah lagi kalau kamu ramah, bisa menjadi ibu kosan idaman, nih!

Baca juga: Tips Memilih Kos – kosan Terbaik

5. Dekat dengan pusat aktivitas

Mulai dari mall, gedung perkantoran, rumah sakit, supermarket, dan banyak pusat aktivitas lainnya yang berdekatan dengan kosan apabila letaknya di tempat strategis. Hal ini tentu akan memudahkan mobilisasi penghuni kosan, dan menjadikan kosan favorit banyak orang.

Hal ini sesuai dengan fenomena di mana banyak orang sudah tidak mau lagi pusing soal jarak. Jika tidak memungkinkan bangun pagi setiap hari untuk mengejar transportasi, maka kosan di wilayah strategis yang dekat dengan kantor menjadi opsi terbaik. Biar mahal asal kosan dekat kantor.

6. Perputaran uang cepat

Perputaran uang untuk usaha kos-kosan bisa dikatakan cepat karena pembayarannya dilakukan setiap bulan. Jadi, bisa banget kalau Anda ingin menginvestasikan passive income ini ke instrumen investasi lain untuk meningkatkan total aset.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com