Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membangun Usaha Tanpa Modal, Patut Dicoba!

Kompas.com - 22/12/2022, 11:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Girl Boss

KOMPAS.com - Banyak orang mengurungkan niat membangun usaha atau bisnis, karena tak memiliki modal. Padahal, untuk memulai menjalankan usaha, Anda tak selalu membutuhkan banyak modal, bahkan bisa tanpa modal.

Mungkin tampak mustahil, karena Anda beranggapan bahwa sebuah usaha membutuhkan mitra, investor, dan rencana yang solid untuk mengelola keuangan dalam usaha atau bisnis. Tapi sebenarnya, saat Anda memulai bisnis, Anda bisa memulai dari jumlah kecil.

Misalnya saja jika Anda berencana menjual rak penyimpanan skin care, Anda bisa mulai menjualnya dengan menawarkannya pada keluarga dan teman.

Baca juga: Bagaimana Cara Melawan Rasa Takut Saat Ingin Membangun Usaha?

Dari mereka, Anda juga bisa mendapat masukan tentang kualitas produk Anda. Jika mereka menyukainya, tentu mereka akan dengan senang hati membantu mempromosikan produk Anda dari mulut ke mulut.

Cara lain, Anda bisa menjualnya dengan prosedur titip jual pada pihak ketiga, serta bisa menjualnya di eCommerce.

Jika Anda masih ragu memulai usaha saat tak memiliki modal, berikut adalah tiga cara memulai usaha tanpa modal.

1. Tanyakan pada diri Anda apa yang dapat dilakukan secara gratis

Sangat mudah untuk membuat daftar hambatan atau kesulitan yang menghalangi Anda meluncurkan bisnis Anda.

Tapi, sangat sulit untuk membuat daftar peluang yang ada tepat di depan Anda. Jika pikiran untuk memulai usaha tanpa modal membuat Anda takut, cobalah renungkan sejenak apa yang dapat dilakukan tanpa uang saat ini.

Apa yang penting untuk usaha Anda? Apakah Anda harus memiliki toko dengan desain kekinian, saat Anda baru memiliki tiga produk untuk dijual? Bisakah Anda membuat halaman Facebook untuk mempromosikan usaha Anda? Mungkinkah bagi Anda mempromosikan produk Anda di akun media sosial?

Intinya adalah, ada banyak sumber daya yang bisa Anda manfaatkan gratis secara online. Buat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, kemudian cobalah mencari alternatif gratis di berbagai web.

Baca juga: 5 Karakter Entrepreneur Sukses yang Harus Dimiliki Saat Membangun Usaha

2. Siapkan tabungan selama enam bulan untuk pengeuaran usaha

Memanfaatkan rekening tabungan Anda memang bukanlah situasi yang ideal. Namun, ini adalah praktik yang cukup umum di kalangan pengusaha.

Saat merancang rencana usaha, jujurlah dengan diri sendiri tentang berapa banyak yang Anda belanjakan dan berapa banyak pendapatan yang kemungkinan akan Anda hasilkan.

Kemudian, hitung perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menikmati keuntungan dari penjualan. Biasanya, dibutuhkan setidaknya enam bulan sebelum Anda mulai melihat uang mengalir masuk.

Usahakan untuk menghemat biaya hidup setidaknya selama enam bulan, sehingga Anda dapat mengabdikan diri untuk usaha baru Anda.

3. Minta bantuan keluarga dan teman

Keluarga dan teman adalah orang terdekat yang mungkin bersedia membantu Anda. Paparkan ide usaha Anda pada mereka dan minta dukungan mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com