BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sekar Pelangi Foundation

Dukung Perempuan Jadi Entrepreneur, Jagoan Lokal #Cantikpreneurship Resmi Dimulai

Kompas.com - 13/02/2023, 17:13 WIB
Rindu Pradipta Hestya,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekar Pelangi Foundation (SPF) dan KG Media resmi membuka Jagoan Lokal #Cantikpreneurship dengan menggelar agenda Kick Off and Networking. Acara digelar secara daring pada Kamis (9/2/2023).

Acara tersebut digelar untuk mendorong perempuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar berani mewujudkan mimpinya menjadi womenpreneur.

Baca juga: SPF dan KG Media Cari Jagoan Lokal #Cantikpreneurship

"Program kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan dari pertumbuhan womenpreneur yang merupakan pemain penting dalam dunia usaha di Indonesia," ujar Chief Marketing Office (CMO) KG Media Dian Gemiano dalam sambutannya, Kamis.

Gemi berharap, program itu dapat mendorong lebih banyak perempuan dalam mewujudkan mimpi sebagai pengusaha atau entrepreneur.

"Saya sangat mengapresiasi SPF yang telah mendukung program ini agar perempuan bisa berdaya dan mengejar mimpinya," kata Gemi.

Sementara itu, Founder MS GLOW an SPF Shandy Purnamasari berharap, Jagoan Lokal #Cantikpreneurship dapat mendorong perempuan untuk lebih percaya diri dan siap menjawab tantangan di dunia bisnis.

"Melalui SPF Jagoan Lokal #Cantikpreneurship, kami ingin menciptakan 1 juta womenpreneur dalam 10 tahun ke depan. Kami ingin menunjukkan bahwa womanpreneur punya value dan bisa mendorong perekonomian serta berkontribusi untuk Indonesia," tambah Shandy.

Baca juga: Dari Jualan Skin Care di Medsos, Shandy Purnamasari dan Juragan 99 Bangun Pabrik dan Klinik

Lebih lanjut, Shandy mengatakan bahwa Jagoan Lokal #Cantikpreneurship merupakan kegiatan pertama yang diadakan SPF. Adapun kegiatan tersebut diisi program peningkatan skill melalui coaching clinic dan bootcamp, pendampingan dan pengembangan, serta pembiayaan untuk pengembangan usaha.

Founder Sekar Pelangi Foundation (SPF) dan MS GLOW Shandy Purnamasari dalam Kick Off and Networking, Kamis (9/2/2023). KG Media Founder Sekar Pelangi Foundation (SPF) dan MS GLOW Shandy Purnamasari dalam Kick Off and Networking, Kamis (9/2/2023).
"Kami ingin memberi dukungan untuk (perempuan) pelaku UMKM agar dapat berdaya dan percaya bisa jadi apa pun yang diinginkan, termasuk menjadi entrepreneur. Saya ingin, perempuan pelaku UMKM merasa punya value dan berani menjawab tantangan dalam berwirausaha," ujar Shandy.

Menjadi womenpreneur

Sebagai informasi, Jagoan Lokal #Cantikpreneurship membuka kesempatan kepada lebih dari 500 pelaku UMKM Cantik—sebutan untuk perempuan pelaku UMKM—untuk mengikuti proses inkubasi melalui practical skill soal strategi penjualan, promosi, dan pengembangan diri.

Setelah kick-off, peserta akan mengikuti tahap inkubasi melalui Boot Camp melalui pelatihan khusus bertema "Cantik Kits" dengan topik Sales, Profit, dan Fearless (SPF). Fase Boot Camp akan diberikan kepada 30 UMKM Cantik terpilih.

Untuk dapat mengikuti tahap tersebut, para peserta diminta mengikuti seleksi dengan mengirimkan video singkat tentang usaha yang dijalankan. Video berisi tentang perkenalan diri, deskripsi usaha, dan motivasi serta cita-cita bisnis.

Pengiriman video akan dibuka hingga Jumat (17/2/2023). Sebanyak 30 UMKM Cantik terpilih akan menerima pelatihan tentang UMKM dan entrepreneurship dari para ahli.

Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Christina Agustin turur hadir dalam Kick Off and Networking, Kamis (9/2/2023).KG Media Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Christina Agustin turur hadir dalam Kick Off and Networking, Kamis (9/2/2023).
Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Christine Agustin yang ikut hadir dalam acara kick-off mengatakan, proses inkubasi sangat penting untuk melahirkan entrepreneur yang matang dan berdaya saing.

Baca juga: Kemenkop-UKM Bidik Rasio Wirausaha Indonesia Capai 3,95 Persen pada 2024

"Melalui proses inkubasi, setiap pelaku usaha akan dibekali pengetahuan melalui pelatihan yang diadakan. Proses ini harus dilalui agar pelaku usaha mengetahui langkah yang harus dilakukan ketika menghadapi tantangan," jelas Christina.

Apalagi, lanjut Christina, jumlah UMKM Indonesia saat ini mencapai angka 64 juta dengan 99 persen di antaranya adalah pelaku usaha mikro. Dari jumlah ini, sebanyak 64,5 persen merupakan perempuan pelaku UMKM.

"Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa sebagian besar pelaku UMKM adalah perempuan. Menurut saya, ini sangat luar biasa dan menunjukkan ketangguhan perempuan sebagai wirausaha," ujar Christina.

Dengan peluang menjadi womenpreneur yang besar, Shandy pun berharap, Jagoan Lokal #CantikPreneurship dapat menggugah mindset pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

“Jagoan Lokal #CantikPreneurship ingin menyampaikan bahwa perempuan selalu punya peluang usaha. Ketika sudah terjun ke dunia ini, perempuan harus berani dan tidak boleh takut berkompetisi,” jelas Shandy.

Baca juga: Menaker Dorong Pelaku UMKM Perempuan Beralih ke Ekosistem Digital

Sebagai informasi, Jagoan Lokal #CantikPreneurship digelar dalam tiga fase. Setelah Kick Off and Networking, tahap selanjutnya adalah Boot Camp dan akan ditutup oleh Final and Awarding. Fase ini juga akan diisi oleh coach untuk memberikan insight kepada 12 UMKM terbaik yang lolos kurasi assignment.

Gelaran Jagoan Lokal #CantikPreneurship memberikan total hadiah sebesar Rp 93,5 juta untuk 3 Jagoan Lokal Cantik dan 3 Jagoan Lokal Terfavorit. Khusus untuk juara pertama, kedua, dan ketiga, berkesempatan melakukan kolaborasi dengan SPF. Sementara, 9 Jagoan Lokal Cantik yang masuk dalam fase awarding juga akan mendapatkan dana promosi di Pasangiklan.com.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com