Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Rekomendasi Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan Anak SD

Kompas.com - 19/02/2023, 07:36 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Memupuk jiwa kewirausahaan dapat dimulai dari kecil, contohnya ketika anak masih SD. Bisnis tidak hanya bisa dijalankan oleh orang dewasa saja, tapi juga anak-anak, lho. Tentunya dengan konsep, model, dan sistem yang disesuaikan.

Ide bisnis anak SD ini bahkan dapat dimulai dengan modal yang minim. Selain bisa menambah uang jajan, membangun bisnis di usia muda juga mampu mengembangkan sifat kemandirian dan kreativitas.

Nah, ini dia beberapa rekomendasi ide bisnis anak SD yang paling populer dan mudah dilakukan dilansir dari Cermati.com:

1. Jualan Pulsa dan Paket Data Internet

Di zaman serba digital ini, anak SD pun sudah pandai memainkan gadget untuk bermain game. Untuk itu, cobalah untuk memanfaatkan media ini sebagai sarana untuk memperoleh penghasilan tambahan. Misalnya saja dengan berjualan pulsa, paket data, hingga voucher internet.

Modal awalnya bisa dimulai dari Rp 100.000 atau bahkan bisa kurang dari itu. Caranya juga cukup mudah, cukup daftar sebagai agen pulsa di counter atau platform penyedia jual beli pulsa. Lalu, tawarkan jasa tersebut ke teman-teman di sekolah atau orang-orang yang tinggal di dekat rumah.

2. Jualan Makanan Ringan

Anak-anak SD tentu ada di masa ketika mereka suka jajan camilan atau makanan ringan. Hal ini bisa jadi ide bisnis yang cocok dan menguntungkan sekali untuk anak-anak yang masih SD. Dari bisnis penjualan makanan ringan ini, anak-anak bisa mendapatkan uang tambahan, lho.

Untuk sistemnya sendiri, ada dua opsi. Pertama, membuat dan mengemasnya sendiri di rumah. Atau membeli snack kiloan lalu mengemasnya ulang yang bisa diatur berapa beratnya. Opsi kedua ini lebih fleksibel dan cocok dilakukan oleh anak SD karena sangat mudah dan tak perlu repot memasak sendiri.

Snack kiloan pun harganya murah, Anda bisa mengemasnya dalam kemasan yang dijual seribuan per bungkus, atau dua ribu rupiah. Kemudian, tawarkan pada teman sekelas atau titipkan di kantin sekolah.

3. Buat Kerajinan Tangan

Ide bisnis ini cocok untuk anak-anak SD yang kreatif dan suka mengerjakan keterampilan tangan. Buatlah kerajinan tangan sesuai keahlian dan jual hasilnya.

Untuk jenis kerajinan tangannya sangat beragam, mulai dari lukisan, mug bergambar, kaligrafi, anyaman, sulaman, dan semua jenis barang kerajinan yang bernilai jual.

Pastikan kerajinan tangan yang dibuat menarik dan harganya pun ramah di kantong anak-anak SD. Atau bisa juga dijual juga ke konsumen di luar sekolah, seperti melalui online shop dengan bantuan dana pengawasan orang tua tentunya.

4. Jualan Alat Tulis

Salah satu kebutuhan dasar ketika sekolah adalah alat-alat tulis. Mulai dari pensil, penghapus, bolpoin, buku tulis, buku gambar dan lain sebagainya. Berjualan alat-alat tulis di sekolah juga bisa jadi bisnis yang mudah dilakukan anak SD.

Mulai dari membeli alat-alat tulis yang sering dibutuhkan teman-teman di sekolah dengan harga yang murah. Kemudian dijual kembali ke teman-teman sekolah dengan selisih harga untuk mendapatkan keuntungan.

Biasanya anak-anak SD suka dengan alat-alat tulis yang berwarna-warni dan memiliki desain yang cantik. Cobalah untuk membeli alat-alat tulis yang dibutuhkan teman-teman karena peminatnya pasti cukup tinggi.

5. Menjual Mainan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com