Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Mencoba Bisnis Florist? Begini Langkah Memulainya

Kompas.com - 03/03/2023, 16:28 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Belakangan ini permintaan karangan atau buket bunga untuk acara-acara tertentu semakin meningkat. Apalagi saat menjelang momen seperti hari ibu, valentine, wisuda, pernikahan dan lain sebagainya, banyak konsumen yang mencari produk ini.

Bagi yang punya hobi membuat hiasan atau dekorasi dari bunga dan memajangnya agar terlihat estetik, hobi ini bisa dijadikan ladang cuan yang menjanjikan.

Tertarik dengan bisnis florist tapi bingung mau mulai dari mana? Yuk, simak dulu langkah jitu dan mudah memulai bisnis 'jualan bunga' atau florist selengkapnya berikut ini, seperti dilansir Cermati.com:

1. Mempersiapkan Modal

Ketika ingin memulai bisnis, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah modal atau dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.

Nantinya, modal tersebut akan dialokasikan untuk menyiapkan bahan baku seperti bunga, papan kayu untuk merangkai atau membuat karangan bunga dan lain sebagainya.

Setelah modal materi yang dibutuhkan sudah ada, maka perlu dibuat rencana anggaran. Hal ini untuk memudahkan penghitungan dana yang dibutuhkan dalam memulai bisnis.

Membuat rincian modal yang dibutuhkan lebih dulu akan mempermudah saat mempersiapkan modal awal untuk bisnis.

2. Menentukan Produk yang Ingin Dijual

Ketika ingin memulai bisnis florist, pastikan sudah punya pengetahuan dan paham tentang bunga dan jenis-jenisnya yang nantinya akan dijual.

Pengetahuan ini sangat penting dimiliki untuk memulai bisnis florist. Pasalnya, seseorang yang tidak memiliki pemahaman tentang produk yang dijual, maka akan sulit untuk memulai bisnis tersebut.

Dengan memiliki pengetahuan tentang bunga dan jenis-jenisnya, ini akan memudahkan hal untuk menentukan apa yang akan dijual dan target pasarnya.

Selain itu, Anda juga harus punya kemampuan untuk berkreasi dengan berbagai jenis bunga dengan segala kondisinya. Lantaran, bunga termasuk tanaman musiman yang hanya ada di musim-musim tertentu.

Maka penting untuk paham dengan bunga yang nantinya akan dijual, termasuk karakteristiknya, perawatan, dan penanganannya masing-masing.

3. Paham Cara Merangkai Bunga

Selain punya pengetahuan soal bunga dan jenis-jenisnya, Anda pun juga harus paham bagaimana cara merangkai bunga. Hal ini penting, karena bunga yang dijual tentu bukan hanya setangkai atau dua tangkai bunga saja, bukan?

Apalagi jika menawarkan buket bunga, karangan bunga untuk pernikahan, atau bahkan papan ucapan berisi karangan bunga dan sebagainya.

Selain modal materi, membekali diri dengan skill merangkai bunga juga tak kalah penting untuk memulai bisnis jualan bunga. Perlu dipahami bahwa skill ini justru bisa jadi daya tarik yang menjual dan mendatang cuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com