Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Sumber Cuan yang Cocok untuk Mahasiswa

Kompas.com - 27/03/2023, 11:41 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai mahasiswa, tentu yang utama adalah menghadiri kelas dan belajar. Namun, proses belajar tidak hanya terbatas di dalam kelas perkuliahan saja.

Mencari tambahan uang jajan dengan usaha sendiri juga termasuk sebagai proses pembelajaran yang memiliki makna tersendiri. Dengan berusaha mendapatkan uang sendiri, kamu sebagai mahasiswa akan belajar mengatur waktu dan keuangan antara kuliah dengan berbisnis.

Sebagai permulaan, kamu dapat memulai bisnis dalam skala yang kecil terlebih dulu, seperti menggunakan modal yang sedikit dan dapat dikerjakan dalam waktu yang tidak terlalu lama atau bahkan fleksibel sehingga tidak mengganggu waktu kuliah.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Camilan yang Bisa Hasilkan Banyak Cuan

Berikut ini rangkuman dari beberapa sumber mengenai beberapa ide menghasilkan cuan yang cocok untuk dicoba bagi para mahasiswa:

1. Menjual makanan

Di samping mengikuti kelas, kamu juga dapat berjualan di dalam lingkungan kampus. Melihat kondisi di mana jarang ada mahasiswa yang membawa bekal, hal ini dapat kamu manfaatkan sebagai peluang dalam berbisnis.

Kamu dapat menjual makanan yang tidak terlalu susah proses pembuatannya, seperti roti isi, burger, atau rice bowl. Kamu dapat menyiapkan makanan ini saat sebelum berangkat kuliah kemudian membawanya sekalian saat berangkat ke kampus.

Untuk meminimalisir kerugian, kamu dapat menggunakan sistem pre-order sehingga tidak akan ada kelebihan stok yang nantinya dapat memberikan kerugian bagimu.

2. Membuka online shop

Baca juga: 10 Tips Sukses Berbisnis Online untuk Pemula

Bisnis yang satu ini sangat fleksibel karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui handphone. Ada berbagai produk yang dspat kamu jual melalui online shop, seperti baju, jilbab, aksesoris, bahkan camilan dalam kemasan.

Saat ini juga sudah ada banyak platform online yang dapat kamu manfaatkan untuk berjualan, baik itu marketplace online maupun sosial media dengan berbagai fitur di dalamnya.

3. Jasa desain atau editing

Jika kamu memiliki skill desain dan editing untuk membuat poster, brosur, atau konten sosial media, maka kamu dapat memanfaatkannya sekaligus untuk mendapatkan uang saku tambahan.

Kamu dapat menawarkan jasa ini dengan menawarkannya ke orang-orang terdekat atau menyebarkannya secara online dengan menggunakan sosial media. Kamu juga dapat menyiapkan portofolio untuk lebih meyakinkan calon klien yang akan menggunakan jasamu.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Keramik Rumah? Simak Tips Ini agar Sukses

4. Admin sosial media

Kegiatan yang satu ini cocok bagi kamu yang senang bermain sosial media dan memiliki time management yang baik. Akan menjadi nilai plus ketika kamu sangat mengetahui perkembangan tren saat ini sehingga sosial media yang kamu pegang dapat berjalan dengan optimal.

Sumber cuan yang satu ini juga minim modal, yakni hanya memerlukan handphone dan internet, di mana dua hal ini pasti dimiliki oleh setiap mahasiswa.

Baca juga: 4 Cara Menerapkan Pengelolaan Waktu yang Efektif bagi Pelaku Bisnis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com