Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sukses Mulai Bisnis Es Batu Kristal, Salah Satunya Perhatikan Bahan Baku

Kompas.com - 19/04/2023, 20:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.comEs batu kristal bisa menjadi pilihan menarik untuk berbisnis di bidang kuliner. Selain karena es batu kristal semakin terkenal juga mempunyai peluang bisnis yang menjanjikan.

Es batu kristal tak hanya digunakan untuk mendinginkan minuman, melainkan juga bisa menjadi ornamental di acara-acara khusus.

Tertarik untuk berbisnis es batu kristal? Agar tidak salah langkah, berikut ini beberapa cara yang bisa disimak seperti dirangkum dari sejumlah sumber.

1. Melakukan riset pasar

Sebaiknya sebelum memulai bisnis, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui keperluan dan permintaan pasar.

Baca juga: Cara Memilih Lokasi bagi Kamu yang Ingin Bisnis Kuliner

Kamu bisa mencari tahu bisnis es batu kristal, seperti rata-rata berapa harga jualnya dan berapa banyak pesaing bisnis tersebut di wilayahmu.

Selain itu, bisa melakukan survei ke pasar maupun kafe terdekat untuk mengetahui adakah permintaan untuk es batu kristal dan apa yang mereka butuhkan.

2. Memilih mesin pembuat es batu kristal

Selanjutnya pilihlah mesin pembuat es batu kristal yang sesuai dengan keperluan bisnis karena ada beberapa merek mesin pembuat es batu kristal yang berkualitas.

Selain itu, pastikan mesin pembuat es batu kristal sesuai dengan kapasitas produksi yang diperlukan dan mempunyai fitur pendukung kualitas es batu kristal yang diciptakan.

3. Memperhatikan bahan baku

Pastikan ketika memilih bahan baku untuk memproduksi es batu kristal memiliki kualitas yang baik. Air bersih menjadi bahan baku utama untuk menciptakan es batu kristal yang berkualitas.

Baca juga: 5 Cara Memulai Usaha Susu Kedelai, Simak agar Tak Salah Langkah

Dan pastikan bahan baku yang dipakai memenuhi standar kesehatan dan keamanan agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

Bahan baku yang berkualitas bisa menciptakan es batu kristal yang transparan dan terbebas dari bau.

4. Mengembangkan bisnis

Terakhir dengan mengembangkan inovasi dan produk baru untuk menarik pelanggan yang lebih banyak dan meningkatkan penjualan. Misalnya membuat es batu kristal dengan ukuran yang berbeda-beda.

Selain itu, Kamu juga bisa mengembangkan produk lain yang bahan utamanya menggunakan es batu kristal seperti minuman dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com