Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tingkatkan Brand Awareness Bisnis Kuliner, Sudah Tahu?

Kompas.com - 26/04/2023, 20:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam era digital, kehadiran media sosial menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness terutama dalam bisnis kuliner.

Bisnis kuliner menjadi bisnis yang diminati banyak orang karena setiap tahun terus bertambah jumlahnya dan tak jarang pelaku bisnis sulit mempertahankan bisnis mereka.

Sehingga, pebisnis harus menyiapkan strategi bisnis supaya bisa bertahan dan salah satunya dengan meningkatkan brand awareness.

Brand awareness menjadi salah satu faktor penting karena bisa memberikan kepercayaan pada pelanggan agar membeli dan menggunakan produk.

Terlebih, pebisnis bisa memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan seperti dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: Tingkatkan Brand, Begini Cara membangun Storytelling

1. Membuat desain yang unik untuk kemasan

Desain kemasan yang dipakai bisa menjadi harapan dalam meningkatkan brand awareness. Karena sekarang ini, ada banyak konten review produk dari pembeli di media sosial yang mudah dijadikan wadah promosi secara gratis.

Buatlah desain kemasan yang menarik perhatian. Berikan tambahan kartu ucapan terima kasih dan dukungan penilaian pada bisnis setiap pesanan melalui e-commerce. Hal tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk membuat pelanggan menyukai produkmu.

2. Aktif dalam media sosial

Selanjutnya untuk meningkatkan brand awareness bisa dengan aktif dalam media sosial karena pelanggan bisa dengan mudah mengaksesnya.

Kamu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kualitas produk melalui konten yang sesuai dan menarik. Misalnya memasukkan link restoran di e-commerce ke dalam akun Instagram dan TikTok.

3. Bekerja sama dengan influencer untuk marketing

Bekerjasama dengan influencer bisa memudahkanmu membangun brand awareness karena mampu menjangkau calon pelanggan secara luas yang asalnya dari pengikut di media sosial influencer.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, Ini 4 Cara Membangun Brand Positioning

Biasanya influencer mempunyai kepercayaan dari audiens hingga memudahkan dalam memberitahu keunggulan dari produk. Meskipun begitu, carilah influencer dengan benar sebelum menggunakan jasanya.

4. Ikut serta secara aktif dalam mengikuti bazar dan pameran

Ikut serta secara aktif dalam bazar dan pameran bisa menjadi cara lain untuk mengenalkan produk kepada pelanggan. Pilihlah jenis yang sesuai dengan ide dan konsep dari bisnis yang dilakukan.

Banyaknya pengunjung dan pelanggan yang datang, tentu memberikan peluang untuk memperkenalkan brand-mu.

Selama mengikuti bazar, Kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk memaksimalkan jumlah transaksi dengan beragam cara misalnya seperti memberikan potongan harga.

Selain itu, stan yang bersih dan rapi juga mengilustrasikan keunggulan produk hingga pengunjung merasa tertarik untuk membeli produk.

Baca juga: Cara Meningkatkan Brand Experience Produk, Salah Satunya Lewat Storyatelling

5. Menampilkan foto produk secara menarik

Terakhir, foto produk menjadi hal yang penting untuk membuat pelanggan mengingat brand. Di mana cara tersebut dapat mendorong pelanggan membeli produkmu meski mereka belum pernah merasakan cita rasanya.

Kamu bisa memfoto produk sendiri dengan melihat referensi yang tersedia di beraneka website atau bisa menggunakan jasa fotografer untuk hasil foto produk yang menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com