Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah! Ini Cara Pakai Hashtag Instagram untuk Pemasaran

Kompas.com - 19/05/2023, 10:00 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber Bulkly

KOMPAS.comInstagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan, baik oleh anak muda maupun orang dewasa. Media sosial yang satu ini memiliki fokus terhadap visual dalam bentuk konten berupa foto dan video.

Media sosial yang satu ini juga mendukung sebagai media pemasaran yang efektif dan banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di era digital sekarang ini.

Penggunaan hashtag dalam konten Instagram dapat membantu strategi pemasaran yang dilakukan menjadi lebih efektif sehingga dapat mendorong tingkat penjualan.

Ada beberapa tips yang dapat Kamu terapkan dalam menggunakan hashtag untuk mendukung strategi pemasaran di media sosial.

Baca juga: 6 Tips Menambah Followers di Instagram agar Bisnis Terkenal

1. Tentukan hashtag yang sesuai dengan bisnis

Untuk dapat menjangkau target audiens secara lebih luas dan efektif, pastikan hashtag tersebut sesuai dengan bisnis yang Kamu jalankan. Jangan memasukkan hashtag yang tidak ada hubungannya dengan bisnismu.

Sebagai contoh, Kamu menjual produk roti yang berlokasi di Jakarta, maka dapat menggunakan beberapa kata untuk dijadikan hashtag seperti, kue, kue manid, kue lucu, kue unik, kue Jakarta, pecinta kue, cake lovers dan sebagainya.

Dengan memilih hashtag yang sesuai, maka Kamu juga dapat menjangkau target audiens yang sesuai.

Baca juga: 8 Ide Konten Interaktif di Instagram yang Bisa Membuat Bisnismu Cuan

2. Buat hashtag yang identik

Setelah memilih hashtag umum, tidak ada salahnya membuat hashtag khusus yang menjadi ciri khas khusus bisnismu.

Kamu dapat menggunakan kata-kata yang unik atau menggunakan sebutan untuk audiens secara khusus sehingga dapat lebih menarik audiens.

3. Konsistensi penggunaan hashtag

Jangan lupa untuk mempertahankan konsistensi dalam menggunakan hashtag yang telah dipilih. Hal ini untuk menjaga keterlibatan dengan audiens sehingga tak ada penurunan engagement konten.

Tak ada salahnya juga untuk menggunakan hashtag di setiap konten yang Kamu unggah, baik itu unggahan di feeds ataupun story Instagram.

Baca juga: Cara Menarik Perhatian Banyak Pelanggan Lewat Instagram, Jangan Salah!

4. Buat konten khusus yang melibatkan interaksi audiens

Meningkatkan keterlibatan audiens dengan konten yang diunggah akan meningkatkan jumlah engagement Instagram akun bisnis milikmu. Tentunya hal ini juga akan mendorong penjualan bisnismu.

Untuk menarik audiens, Kamu dapat membuat konten khusus seperti giveaway. Jenis konten seperti ini dinilai dapat menarik audiens dengan efektif.

Kamu dapat mencantumkan syarat yang harus dilakukan audiens sebagai peserta giveaway, seperti memberikan komentar dengan menggunakan hashtag di dalamnya serta mention tag akun Instagram temannya.

Semakin banyak orang yang terlibat akan semakin meningkatkan engagement akun Instagram.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bulkly
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com