Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Feren Membangun Usaha Mentai Cake Petitelicious dengan Modal di Bawah Rp 1 Juta

Kompas.com - 14/06/2023, 15:10 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2019 mengharuskan masyarakat untuk bekerja dari rumah. Hal ini juga dirasakan oleh Feren (25), yang bekerja sebagai manajer operasional di coffee shop.

Selama bekerja dari rumah, pendapatan juga ikut menurun. Dengan alasan itu, Feren yang menyukai mentai iseng membuat mentai rice box dengan nama Petitelicious, untuk dijadikan pekerjaan sampingan.

“Nah, saya tawarkan ke teman-teman melalui sosial media, WhatsApp, dan semakin ke sini kayak harus dikembangkan lagi karena sudah mulai naik (permintaannya),” ungkap Feren ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

“Kalau kayak gini aja enggak bisa berkembang, jadi akhirnya saya mencoba untuk menjual mentai cake di tahun 2020-an sekaligus resign dari tempat bekerja,” sambung Feren.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merintis Bisnis Kuliner

Awalnya ia hanya menggunakan Instagram, seiring berjalannya waktu Feren jugz menggunakan e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Target pasar usaha mentai cake Petitelicious untuk semua kalangan dan untuk pengiriman sejauh ini masih di dalam pulau Jawa seperti Jakarta, Depok, Tangerang, dan lainnya.

Feren mengungkap, untuk proses produksi mentai cake dibantu oleh 2 orang pekerja di bagian produksi dan admin. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi mentai cake sekitar 15 menit sampai 1 jam tergantung dari kesulitan desain.

Waktu pembuatan terbilang cepat, karena bahan untuk membuat mentai cake sudah di-prepare sesuai dengan jumlah orderan yang masuk.

Baca juga: Cara Tingkatkan Brand Awareness Bisnis Kuliner, Sudah Tahu?

Letter mentai cake brand Petiteliciousdok.pemilik Petitelicious Letter mentai cake brand Petitelicious

Seiring berjalannya waktu, usaha mentai cake Petitelicious juga memproduksi bento mentai cake, letter mentai cake, dan whole mentai cake. Untuk harga brrkisar Rp100 ribu sampai Rp349 ribu.

Hal yang membedakan produk mentai cake dengan usaha lain yang sejenis adalah mentai cake Petitelicious memiliki letter mentai cake yang bentuknya huruf per huruf, mentai cake bergambar, dan bisa menerima custom.

“Untuk daya tahan mentai cake, saya sarankan untuk 1 hari di suhu ruang dan bisa 2 hari sampai 3 hari untuk suhu kulkas,” jelas Feren.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Makanan Anti-ribet untuk Pebisnis Pemula

Saat ini, dikatakan Feren, usaha mentai cake masih online, tetapi apabila customer ingin pick-up langsung ke tempat, bisa ke lokasi taman modern Cakung, Jakarta Timur.

Ketika ditanya soal modal, ia mengatakan modal awal tidak terlalu banyak, masih di bawah Rp1 juta, yang ia ambil dari tabungannya. Sedangkan untuk pendapatan selama satu bulan saat ini, bisa sampai 2 digit.

Feren berharap, usaha mentai cake Petitelicious bisa terus berkembang, bisa membuka toko offline, dan membuka cabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com